Pembuatan Game "Two Dis" Untuk Terapi Membaca Bagi Anak Disleksia Dan Diskalkulia Berbasis Android

AZIZAH, INTAN NUR (2016) Pembuatan Game "Two Dis" Untuk Terapi Membaca Bagi Anak Disleksia Dan Diskalkulia Berbasis Android. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (278Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Intan Nur Azizah, 2016. Pembuatan Game “Two Dis” Untuk Terapi Membaca Bagi Anak Disleksia Dan Diskalkulia Berbasis Android. Program Diploma III Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kesulitan belajar spesifik adalah suatu keadaan pada seorang anak yang mengalami ketidakmampuan dalam belajar, keadaan ini disebabkan gangguan proses belajar di dalam otak, yang dapat berupa gangguan persepsi (visual atau auditoris), gangguan dalam proses integratif atau gangguan ekspresif. Disleksia merupakan gangguan dalam kesulitan membaca dan Diskalkulia merupakan gangguan dalam kesulitan berhitung. Masalah muncul karena kurangnya perhatian terhadap anak yang mengalami kedua gangguan tersebut. Serta kurangnya pemahaman akan kedua gangguan tersebut terhadap anak dan belum adanya media khusus yang dapat dijadikan sebagai metode terapi terhadap kedua gangguan tersebut. Dari permasalahan diatas dibuat game Two Dis sebagai terapi untuk anak yang mengalami gangguan dalam kesulitan membaca dan anak yang mengalami gangguan dalam kesulitan berhitung dengan tujuan memberikan media baru untuk terapi bagi anak yang mengalami gangguan tersebut. Tahap – tahap dari terapi yang akan diberikan pada game Two Dis ini adalah anak diajak untuk mengenal huruf dan angka serta dapat membedakannya juga. Kemudian anak diajak untuk menghafalkan huruf dan angka tertentu yang menurut mereka sulit untuk dihafalkan. Dan yang terakhir anak diajak untuk menjawab pertanyaan dan menghitung dengan soal matematika dasar. Untuk membuat atau mengembangkan game ini terdapat banyak metodologi yang bisa digunakan. Dalam game “Two Dis” ini penulis menggunakan metodologi analisa terhadap anak disleksia dan diskalkulia. Kemudian mencari konsep game yang cocok bagi anak disleksia dan diskalkulia. Konsep tersebut digunakan untuk menentukan dalam pembuatan desain game dan background untuk diimplementasikan di unity3d dan coding. Terakhir adalah building game pada perangkat dan testing untuk kelayakan game. Hasil yang diharapkan dari Pembuatan Game “Two Dis” berbasis android ini adalah dapat menjadi salah satu media terapi dan media pembelajaran baru bagi anak disleksia dan diskalkulia dengan metode bermain game. Kata kunci : Disleksia, Diskalkulia, Game, Two Dis, Terapi. ABSTRACT Intan Nur Azizah, 2016. Designing “Two Dis” Game as reading therapy for Dyslexia and dyscalculia using Android Based. Diploma III program on Informatics, Faculty of Mathematics and Sciences, Sebelas Maret University of Surakarta. Specific learning difficulties is a situation on a children who suffered disability in learning. Dyslexia is a disruption in form of reading difficulties and dyscalculia is a derangement in counting. The problem arising is around the lack understanding about dyslexia and dyscalculia and the less intention to those who suffered dyslexia and dyscalculia. Moreover, there is no specific media as the therapy media for them. Those problems drove the writer to design “Two Dis” game as the therapy media for Dyslexia and Dyscalculia children as the alternative new media for their therapy. The therapy stages in this “Two Dis” game is the children are invited to recognize letter and number. Then, they are invited to memorize the specific number and letter in which they get difficulties in memorizing them. Last, the children are invited to answer the questions and counting the basic mathematic questions. To design and develop this game, there are some methodologies used. In this “Two Dis” game, the writer using analysis methodology towards dyslexia and dyscalculia children. This concept is used to determine the game and background design to be implemented in unity 3d and coding. The last part is the building game in a set of equipment and testing for the game expediency. The expected result of the “Two Dis” game design using android based is that it can become the alternative media therapy for dyslexia and dyscalculia children which was created in form of game. Keywords: Dyslexia, Discalculia, Game, Two Dis, Therapy.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 19 Nov 2016 01:10
    Last Modified: 19 Nov 2016 01:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29280

    Actions (login required)

    View Item