Pola Penggunaan Obat Antidiabetik Oral dan Evaluasi Ketepatan Dosis pada Pasien Prolanis di Puskesmas Karangpandan Kabupaten Karanganya

Utami, Anisa Retno (2016) Pola Penggunaan Obat Antidiabetik Oral dan Evaluasi Ketepatan Dosis pada Pasien Prolanis di Puskesmas Karangpandan Kabupaten Karanganya. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (232Kb)

    Abstract

    Diabetes Mellitus (DM) merupakan kondisi kronik yang terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi insulin secara normal atau insulin tidak dapat bekerja secara efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola penggunaan obat antidiabetik oral dan evaluasi ketepatan dosis pada pasien prolanis di Puskesmas Karangpandan Kabupaten Karanganyar serta membandingkannya dengan standar Perkeni 2011. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian non eksperimental dengan mengambil data dari buku periksa pasien yang memenuhi kriteria inklusi secara prospektif. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pasien yang lebih banyak mengalami DM yaitu pasien berjenis kelamin perempuan (90.91%). Penggunaan obat tunggal yang lebih banyak yaitu Metformin (67.67%) dan obat kombinasi yang digunakan yaitu Glibenklamid dan Metformin (100%). Dosis obat antidiabetik oral yang diberikan kepada pasien DM di Puskesmas Karangpandan Kabupaten Karanganyar sudah tepat dosis menurut Perkeni 2011 (100%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 19 Nov 2016 01:05
    Last Modified: 19 Nov 2016 01:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29278

    Actions (login required)

    View Item