MALCOLM BALDRIGE for EDUCATION (MBCfE) UNTUK MENGUKUR KINERJA PROGRAM STUDI (STUDI KASUS DI JURUSAN ILMU PENDIDIKAN DAN JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN FKIP UNS)

WULANINGSIH, SETIANA (2016) MALCOLM BALDRIGE for EDUCATION (MBCfE) UNTUK MENGUKUR KINERJA PROGRAM STUDI (STUDI KASUS DI JURUSAN ILMU PENDIDIKAN DAN JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN FKIP UNS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (371Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Setiana Wulaningsih. K2512068. PENGGUNAAN METODE MALCOLM BALDRIGE CRITERIA FOR EDUCATION (MBCfE) UNTUK MENGUKUR KINERJA PROGRAM STUDI (STUDI KASUS DI JURUSAN ILMU PENDIDIKAN DAN JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRAGA DAN KESEHATAN FKIP UNS). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Melakukan evaluasi terhadap perolehan skor dari masing-masing program studi dihitung menggunakan metode MBCfE; (2) Melakukan evaluasi terhadap tingkat posisi kategori kinerja masing-masing program studi berdasarkan klasifikasi MBCfE. (3) Melakukan evaluasi terhadap hal yang menjadi strategi peningkatan kinerja di masing-masing program studi dianalisis menggunakan metode MBCfE. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen di Jurusan IP dan Jurusan POK FKIP UNS. Sampel yang terpilih adalah 2 dosen prodi PBK, 6 dosen prodi PGSD, 3 dosen prodi PG-PAUD, 3 dosen prodi Penjaskesrek, dan 3 dosen prodi Penkepor yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan gabungan dari tiga teknik yaitu dengan kuesioner (angket), interview (wawancara), dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif berguna untuk mendeskripsikan hasil dari analisis kuantitatif yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Skor kinerja yang diperoleh adalah Prodi PBK mendapatkan skor total 722,71, Prodi Penkepor mendapatkan skor total 869,75, Prodi Penjaskesrek mendapatkan skor total 752,18, Prodi PGSD mendapatkan skor total 769,38, dan Prodi PG-PAUD mendapatkan skor total 689,44. (2) Tingkat posisi kategori kinerja masing-masing prodi sebagai berikut: Prodi PBK, Penjaskesrek, PGSD dan PG-PAUD menduduki kategori Industry leader Sedangkan Prodi Penkepor menduduki kategori Benchmark Leader. (3) Hal yang menjadi strategi peningkatan kinerja masing-masing podi adalah (a) Prodi PBK agar prodi lebih memperhatikan lagi tentang menetapkan visi dan tujuan organisasi, kemudian mengkomunikasikannya kepada setiap anggota agar memiliki kecakapan untuk mengelola, (b) Prodi Penkepor agar lebih memperhatikan lagi bagian-bagian seperti ketersediaan data pembanding untuk menggerakkan semua unit, sistematika analisis data untuk penentuan trend, perbaikan berkelanjutan untuk praktek prodi, (c) Prodi Penjaskesrek agar menyediakan informasi dan memberi kemudahan dalam akses informasi kepada seluruh karyawan, dosen, mahasiswa, dan pihak lain yang berkepentingan. (d) Prodi PGSD lebih memperhatikan lagi tentanng kedayagunaan data dalam manajemen data. (e) Prodi PG-PAUD dapat memulai memperbaiki dari kehandalan, ketepatan, dan kebaruan data, perbaikan berkelanjutan untuk praktek, transformasi dan distribusi yang harus diperhatikan lagi kedepannya. Kata Kunci : Kinerja Program Studi, MBCfE, Malcolm Baldrige

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 18 Nov 2016 21:29
    Last Modified: 18 Nov 2016 21:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29273

    Actions (login required)

    View Item