Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada BRIngin Life Kantor Penjualan (KANPEN) Surakarta

N, MUHAMMAD FIKRI (2016) Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada BRIngin Life Kantor Penjualan (KANPEN) Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (611Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Analisis SWOT Untuk Menentukan Stategi Pemasaran Pada BRIngin Life Kantor Penjualan Surakarta Muhammad Fikri Nugroho F3213037 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan dan menentukan strategi-strategi yang harus diterapkan guna meningkatkan jumlah nasabah sekaligus menghadapi persaingan dengan menggunakan analisis SWOT Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode adalah deskriptif yaitu teknik untuk membuat gambaran tentang penyususnan strategi pemasaran BRIngin Life KANPEN Surakarta berdasarkan analisi SWOT (Strength,Weakness, Opportunity, Threat). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode interview, dan metode observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kekuatan BRIngin Life KANPEN Surakarta adalah bagian Bank BRI, tenaga pemasaran yang profesional, lokasi strategis, termasuk asuransi terbaik di Indonesia, jenis produk asuransi beragam dan minimal bayar premi yang kecil. Sedangkan kelemahan perusahaan adal tenaga pemasaran kurang,sistem IT belum sempurna, kurangnya iklan promosi, masyarakat belum mengenal BRIngin Life, ketersedian komputer dan printer minim. Peluangnya adalah nasabah BRI dapat diprospek, daerah Surakarta masih dapat dieksplorasi, hubungan baik dengan nasabah, permintaan asuransi masih tinggi di Surakarta, banyak masyarakat belum mengenal asuransi. Ancamannya adalah tingkat persaingan, anggapan negatif tentang asuransi, muncul perusahaan asuransi baru. Strategi yang harus diterapkan adalah memprospek nasabah Bank BRI sekaligus menjadi dasar targeting, memanfaatkan tenaga pemasaran seoptimal mungkin, menciptakan persepsi yang baik, melakukan perekrutan tenaga pemasaran, menambah media promosi, peyempurnaan sistem IT dan pengadaan perangkat komputer sekaligus printer untuk mendukung pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut BRIngin Life Kanpen Surakarta perlu lebih memperhatikan dan sesegera mungkin memperbaiki kelemahan dengan cara mengadakan promosi lebih gencar, menambah jumlah tenaga pemasaran, sesegera mungkin, menyempurnakan sistem IT dan penambahan komputer dan printer guna menunjang kinerja pegawai. Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 18 Nov 2016 12:36
    Last Modified: 18 Nov 2016 12:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29239

    Actions (login required)

    View Item