ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 dan 2015)

F, MUHAMMAD WILDAN (2016) ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 dan 2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (230Kb)

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 dan 2015) MUHAMMAD WILDAN FAUZAN F1312079 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intellectual capital terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar komponen intellectual capital: human capital, customer capital, innovation capital, dan process capital sehingga diketahui komponen intellectual capital yang menjadi inti dari pembentuk keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dimana penentuan sampel didasarkan pada kriteria-kriteria tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 dan 2015. Dari seluruh perusahaan yang terdaftar, terpilih 27 perusahaan yang memenuhi kriteria penelitian selama 2 tahun, sehingga total sampel berjumlah 54. Analisis data dilakukan dengan menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua komponen intellectual capital berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja perusahaan. Innovation capital berpengaruh secara signifikan terhadap human capital dan customer capital. Process capital berpengaruh secara signifikan terhadap customer capital. Human capital terhadap berpengaruh secara signifikan terhadap customer capital dan kinerja perusahaan. Customer capital tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Kata kunci : intellectual capital, human capital, customer capital, innovation capital, process capital, kinerja perusahaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 18 Nov 2016 12:32
    Last Modified: 18 Nov 2016 12:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29238

    Actions (login required)

    View Item