Pengaruh Dana BOS dan Sarana Prasarana Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

P, INDA FRESTI (2016) Pengaruh Dana BOS dan Sarana Prasarana Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (868Kb)

    Abstract

    ABSTRACT The purposes of this study are to test: (1) BOS funds influence to the learning outcomes of class XI student of SMK Negeri 1 Surakarta academic year 2015/2016, (2) the effect of school infrastructure on learning outcomes of class XI student of SMK Negeri 1 Surakarta academic year 2015/2016, (3) Effect of BOS funds and school infrastructure simultaneously to the learning outcomes of class XI student of SMK Negeri 1 Surakarta. Population in this study were all students of class XI in SMK Negeri 1 Surakarta academic year 2015/2016 and all the teachers that administer subjects in the eleventh grade. Sampling technique that used was proportional random sampling to determine the sample of students, and saturated sampling techniques to determine the sample of teachers. This research used descriptive quantitative approach. To obtain the data about BOS funds and school infrastructure Data was collected by using questionnaire technique (to obtain primary data) and structured interview techniques to obtain secondary data. Technique analysis dat a that used in this research is multiple linear regression analysis. The results of this study are follows: (1) there is positive and significant correlation between the BOS and school infrastructure simultaneously on student learning outcomes. (2) there is a positive and significant influence between BOS and student learning outcomes, by t-test results are known that Ho rejected and Ha accepted. (3) there are significant positive and significant correlation between school infrastructure and student learning outcomes, Based on t-test results can be concluded that if school infrastructures are good, student learning outcomes can be increased too. Keywords : BOS funds, school infrastructure, learning outcomes ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) pengaruh dana BOS terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, (2) pengaruh sarana prasarana sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, dan (3) pengaruh dana BOS dan sarana prasarana sekolah secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 dan seluruh guru yang mengampu mata pelajaran di kelas XI tersebut. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional random sampling untuk menentukan sampel siswa, dan teknik sampel jenuh untuk menentukan sampel guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Untuk mendapatkan data berkaitan dengan dana BOS dan sarana prasarana sekolah, pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner untuk memperoleh data primer dan teknik wawancara terstruktur untuk memperoleh data sekunder. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. (1) berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dana BOS dan sarana prasarana sekolah secara simultan terhadap hasil belajar siswa. (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara dana BOS dan hasil belajar siswa, berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.(3) berdasarkan hasil uji-t diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sarana prasarana sekolah dan hasil belajar siswa, maka dapat disimpulkan apabila sarana prasarana sekolah baik, hasil belajar siswa pun dapat meningkat, begitu pula sebaliknya. Kata Kunci : dana BOS, sarana prasarana sekolah, hasil belajar siswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 17 Nov 2016 22:30
    Last Modified: 17 Nov 2016 22:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29196

    Actions (login required)

    View Item