Simulasi Penyebaran Penyakit Menular HIV/AIDS di Provinsi Jawa Tengah Menggunakan Model Epidemi SIR (Susceptible, Infected, Removed)

DESYANAWATI, ELY (2016) Simulasi Penyebaran Penyakit Menular HIV/AIDS di Provinsi Jawa Tengah Menggunakan Model Epidemi SIR (Susceptible, Infected, Removed). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (608Kb)

    Abstract

    HIV/AIDS termasuk penyakit menular yang mengancam kesehatan masyarakat di dunia. Provinsi Jawa Tengah menempati posisi enam tertinggi dalam jumlah kasus HIV/AIDS di Indonesia. Pengendalian penyakit yang tepat sasaran diperlukan untuk memantau perubahan penyebaran penyakit. Pada penelitian ini, pemodelan SIR (Susceptible, Infected, Removed) dilakukan untuk mengetahui penyebaran jumlah kasus HIV dan endemisitas HIV/AIDS di Jawa Tengah. Data yang digunakan adalah data kependudukan dan jumlah kasus HIV/AIDS tahun 2010 s.d 2014. Dari hasil simulasi diperoleh model penyebaran HIV/AIDS di Jawa Tengah yaitu y=0.6e^(-0.125x), dimana y adalah jumlah penderita dan x adalah waktu penyebaran. Hasil perhitungan sistem menunjukkan rata-rata error pengujian data sebesar 13%. Sedangkan hasil penentuan daerah potensi endemik menunjukkan terdapat dua daerah yang memiliki nilai R0>1 yaitu Kabupaten Cilacap dan Kota Semarang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 17 Nov 2016 22:10
    Last Modified: 17 Nov 2016 22:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29191

    Actions (login required)

    View Item