PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PNPM MANDIRI PERKOTAAN (Studi Kasus Di Desa Bakipandeyan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo)

MARYOS, AGUSTAF DIDIT (2016) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PNPM MANDIRI PERKOTAAN (Studi Kasus Di Desa Bakipandeyan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (515Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Agustaf Didit Maryos S250908002,Partisipasi Masyarakat Dalam Program PNPM Mandiri Perkotaan (Studi Kasus di DesaBakipandeyan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo) TESIS, Pembimbing IProf. Dr. RB. Soemanto, MA., Pembimbing IIDrs. Y. Slamet, MSc., Ph.D., Program Studi Sosiologi, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan merupakan kelanjutan dari Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) dirancang secara berbeda dengan basis atau modal dasar kemandirian masyarakatitu sendiri secara partisipatif.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk partisipasi, tingkat partisipasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam Program PNPM Mandiri Perkotaan di Desa Bakipandeyan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo.Penelitianinimenggunakanstrategistudi kasus deskriptif kuantitatifdan kualitatif.Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, rekaman arsip, wawancara, dan observasi langsung.Unit analisis adalah Kelompok BKM Amanah dalam program PNPM Mandiri di Desa Bakipandeyan Kabupaten Sukoharjo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi masyarakat dalam program PNPM MP ini sebagian besar responden menginginkan pelaksanaan program diserahkan kepada Pemerintah Desa, BKM, dan Masyarakat. Tingkat partisipasi masyarakat secara keseluruhan dalam program PNPM Mandiri Perkotaan dilihat dari kehadiran, dalam berdiskusi, hal yang menyangkut fisik, dan dalam hal membayar sumbangan, ini termasuk dalam kategori Partnership atau tangga keenamyaitukekuasaan disalurkan melalui negoisasi antara pemegang kekuasaan dengan masyarakat dengan memikul tanggung jawab secara bersama-sama.Faktor-Faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat pada umumnya usia antara 41-50 tahun. Jenis kelamin lebih banyak didominasi laki-laki. Tingkat pendidikan umumnya adalah SMA. Jenis pekerjaan kebanyakan sebagai wiraswasta. Pendapatan rata-rata sebesar 1 - 2,5 juta per bulan. Sedangkan lama bertempat tinggal umumnya lebih dari 10 tahun. Kata Kunci : Partisipasi, PNPM MP

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Sosiologi - S2
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 17 Nov 2016 17:48
    Last Modified: 17 Nov 2016 17:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29175

    Actions (login required)

    View Item