Pengaruh value to price relationship, product quality, reliability, warranty dan response to and remedy of problem terhadap KEPUASAN KONSUMEN pada percetakan citra mandiri surakarta

PURNAMAWATI, AYU SARI (2007) Pengaruh value to price relationship, product quality, reliability, warranty dan response to and remedy of problem terhadap KEPUASAN KONSUMEN pada percetakan citra mandiri surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2501Kb)

    Abstract

    Pada perkembangan bisnis saat ini persaingan antar perusahan semakin tajam, terutama persaingan antara perusahaan yang menghasilkan produk sejenis dalam merebut pasarnya. Perusahaan yang ingin unggul dalam persaingan perlu mengambil kebijakan strategis, utamanya kebijakan dibidang pemasaran. Kesuksesan sebuah perusahaan tidak hanya dilihat dari kemampuannya dalam mencapai omzet jual yang tinggi, lebih dari itu konsep pemasaran harus dipertimbangkan, dipilih dan direalisasikan dengan tepat. Konsep pemasaran sebenarnya suatu falsafah dari setiap perusahaan bagaimana mereka memandang usaha demi kelangsungan hidup selanjutnya. Falsafah ini menyangkut pandangan manajemen yang lebih mengorientasikan kegiatan pemasarannya pada kepuasan konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus memberikan suatu kepuasan kepada konsumen melalui produk yang berkualitas sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Selain itu perusahaan yang ingin berhasil juga diharapkan memiliki keunggulan kompetitif, satu hal yang tidak dapat ditawar lagi adalah mampu menghasilkan produk berkualitas dan mampu memberikan sesuatu yang lain dari pada pesaingnya, agar konsumen memperoleh kepuasan yang sesuai dengan yang diinginkannya. Demikian halnya dengan perkembangan bisnis percetakan dikota Surakarta. Tuntutan konsumen akan kualitas desain cetak menjadi pertimbangan penting . kualitas desai cetak pada umumnya lebih fokus pada kualitas visual. Semua itu menjadi tantangan sekaligus menjadikan peluang bagi perusahaan untuk bersaing melalui produk berkualitas. Keadaan ini membuat persaingan diantara bisnis usaha percetakan untuk saling berlomba meningkatkan kinerjanya. Hal ini dialami oleh percetakan Citra Mandiri Surakarta, dimana ketatnya persaingan justru membuat perusahaan menjadi lebih dikenal, berkembang dan mampu mencapai tingkat penjualan yang cukup tinggi. Keberhasilan tersebut tentunya didasari oleh komitmen perusahaan untuk lebih mengorientasikan pada kepuasan konsumen. Disamping kualitas produk, pertimbangan mengenai kesesuaian harga dengan kinerja produk yang dihasilkan perusahaan merupakan nilai tambah yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Dan tidak kalah pentingnya, kecepatan dalam memberikan tanggapan akan keluhan konsumen serta pemberian ganti rugi atau perbaikan terhadap produk yang rusak juga merupakan aspek pembentuk kepuasan pada diri konsumen, karena dengan demikian konsumen akan merasa diperhatikan dan merasa tidak dirugikan oleh pihak perusahaan. Berdasarkan permasalahan diatas, dalam penelitian ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dan yang kemudian dituangkan dalam bentuk skripsi dengan judul “ PENGARUH VALUE TO PRICE RELATIONSHIP, PRODUCT QUALITY, RELIABILITY, WARRANTY DAN RESPONSE TO AND REMEDY OF PROBLEM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERCETAKAN CITRA MANDIRI SURAKARTA“

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Users 833 not found.
    Date Deposited: 13 Jul 2013 00:56
    Last Modified: 13 Jul 2013 00:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2917

    Actions (login required)

    View Item