Hubungan Pendidikan, Pekerjaan, Pendidikan, Penghasilan dan Aktivitas Bahasa dengan Kemampuan Bahasa Anak

A P, Hafidz Triantoro (2016) Hubungan Pendidikan, Pekerjaan, Pendidikan, Penghasilan dan Aktivitas Bahasa dengan Kemampuan Bahasa Anak. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    HUBUNGAN PENDIDIKAN, PEKERJAAN, PENGHASILAN DAN AKTIVITAS BAHASA DENGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK Hafidz Triantoro Aji Pratomo1, Rita Benya Adriani2, Muhammad Akhyar3 1Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat 2Jurusan Terapi Wicara Politeknik Kesehatan Surakarta 3Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ABSTRAK Latar Belakang: Bahasa merupakan kemampuan yang harus dikuasai anak sebelum memasuki sekolah. Proses perkembangan bahasa dipengaruhi oleh kematangan kognitif dan neurologis. Kemampuan bahasa merupakan fondasi kemampuan komunikasi, interaksi sosial dan akademis. Anak dengan permasalahan dan atau keterlambatan bahasa akan mengalami berbagai hambatan dalam menjalin hubungan sosial dan akademis. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Hubungan pendidikan ibu dengan kemampuan bahasa anak. (2) Hubungan status pekerjaan ibu dengan kemampuan bahasa anak. (3) Hubungan penghasilan orang tua dengan kemampuan bahasa anak. (4) Hubungan aktivitas bahasa dengan kemampuan bahasa anak. (5) Hubungan pendidikan ibu, status pekerjaan ibu, penghasilan orang tua dan aktivitas bahasa dengan kemampuan bahasa anak. Subyek dan Metode: Jenis penelitian ini observasional correlation dengan rancangan cross sectional. Lokasi penelitian di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar dengan sampel anak usia 4-5 tahun sebanyak 102. Analisis data menggunakan regresi logistik ganda. Hasil: Hasil uji statistik dengan regresi logistik menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif yang secara statistik signifikan antara pendidikan dengan kemampuan bahasa (OR= 2.95; CI=95%; 1.03 hingga 8.39; p = 0.043). (2) Terdapat hubungan positif yang secara statistik signifikan antara pekerjaan dengan kemampuan bahasa (OR= 3.45; CI=95%; 1.27 hingga 9.39; p = 0.015). (3) Terdapat hubungan positif yang secara statistik signifikan antara penghasilan dengan kemampuan bahasa (OR= 6.35; CI=95%; 2.02 hingga 19.93; p = 0.002). (4) Terdapat hubungan positif yang secara statistik signifikan antara aktivitas bahasa dengan kemampuan bahasa anak (OR= 4.32; CI=95%; 1.61 hingga 11.51; p = 0.003). (4) Hasil analisis data mengenai hubungan pendidikan ibu, status pekerjaaan ibu, penghasilan orang tua, dan aktivitas bahasa dengan kemampuan bahasa anak secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai p<0.050 Kesimpulan: Terdapat hubungan pendidikan ibu, status pekerjaan ibu, penghasilan orang tua, dan aktivitas bahasa dengan kemampuan bahasa pada anak. Kata Kunci: pendidikan, pekerjaan, pendapatan, aktivita

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 17 Nov 2016 17:13
    Last Modified: 17 Nov 2016 17:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29168

    Actions (login required)

    View Item