KAJIAN KONTRIBUSI EFEKTIFITAS DAN PROYEKSI RETRIBUSI JASA UMUM DALAM POS PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2011-2015

RAHAYU, NANANG BUDI (2016) KAJIAN KONTRIBUSI EFEKTIFITAS DAN PROYEKSI RETRIBUSI JASA UMUM DALAM POS PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2011-2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (82Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Sragen merupakan kota yang sedang berkembang dengan berbagai pelayanan umum yang penerimaannya sangat berpotensi. Jika pelayanan umum tersebut ditarik melalui retribusi jasa umum, maka akan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) mengetahui kuat kontribusi retribusi jasa umum terhadap pendapatan asli daerah Kab Sragen.; (2) mengetahui tingkat efektifitas Retribusi Jasa Umum terhadap pendapatan asli daerah Kab. Sragen; (3) mengetahui efisiensi terhadap pendapatan Asli Daerah (4) mengetahui analisa proyeksi jasa umum untuk 5 Tahun kedepan Lokasi penelitian ini di Kab. Sragen, dengan obyek penelitian pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Bentuk penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi, dengan obyek penelitian pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kab. Sragen. Analisis data menggunakan persamaan Evektifitas dan Kontribusi. Melalui berbagai langkah penghitungan akhirnya diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) terdapat kontribusi yang kuat antara retribusi jasa umum secara keseluruhan terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kab. Sragen tahun 2011-2015 . Hal ini ditunjukkan dengan persentase perbandingannya secara berturut-turut yaitu 11,87%, 11,21%, 15,39%, 14,20% dan 0,03%. (2) terdapat tingkat efektivitas yang tinggi dari retribusi jasa umum secara keseluruhan di Kab. Sragen tahun 2011-2015. Hal ini ditunjukkan dengan penerimaan retribusi jasa umum yang hampir selalu melebihi target setiap tahunnya, dengan hasil perbandingan target dan realisasi setiap tahunnya secara berturut-turut adalah sebesar 105,80%, 114,83%, 111,21%, 96,46% dan 98,75%. (3) untuk efisiensi dari sub sub Retribusi jasa umum sangat efisien penerimaan lebih besar dibandng biaya opemungutan retribusi jasa umum (4) untuk mengetahui dan menganalisa proyeksi trend 5 tahun kedepan, secara keseluruan meningkat setiap tahun terhadap pendapatan asli daerah. Pemerintah Kabupaten Sragen melalui dinas-dinas yang berwenang harus lebih baik lagi dalam usaha pemberian pelayanan atau jasa umum yang optimal dengan cara perawatan sarana-sarana jasa umum tersebut.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ekonomi dan Studi Pembangunan
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 17 Nov 2016 16:55
    Last Modified: 17 Nov 2016 16:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29158

    Actions (login required)

    View Item