TUGAS TIM KREATIF DALAM PROGRAM ACARA REALITY SHOW BERBAGI KEBAIKAN DI TRANS TV

P, Brigita Nugrahani (2016) TUGAS TIM KREATIF DALAM PROGRAM ACARA REALITY SHOW BERBAGI KEBAIKAN DI TRANS TV. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (689Kb)

    Abstract

    RINGKASAN Brigita Nugrahani Putri D1413016, Penyiaran, Tugas Tim Kreatif Dalam Program Acara Reality Show Berbagi Kebaikan Trans TV Televisi Tranformasi Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan Trans TV adalah salah satu stasiun televisi swasta yang sudah tidak asing dimata masyarakat. Kehadiran stasiun televisi dengan format entertainment atau hiburan ini mampu bersaing dengan stasiun televisi lainnya. Dengan motto Milik Kita Bersama, konsep tayang stasiun ini tidak banyak berbeda dengan stasiun swasta lainnya. Trans TV adalah anak perusahaan dari Trans Media. Kantor pusat stasiun ini berada di Gedung Trans TV, Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan. Disini penulis ditempatkan menjadi Tim Kreatif (Creative) dalam program Berbagi Kebaikan. Oleh karena kesempatan yang diberikan Trans TV untuk melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM), penulis dapat mengetahui bagaimana kerja sama antar tim dalam dunia pertelevisian, penulis juga dapat mengikuti dan memahami proses produksi program televisi, mulai dari pra produksi, produksi hingga pasca produksi program acara reality show Berbagi Kebaikan. Reality Show adalah program yang menyajikan suatu keadaan yang nyata (riil) dengan cara yang sealamiah mungkin tanpa rekayasa. Tingkat realitas yang disajikan dalam reality show ini bermacam-macam. Mulai dari yang betul-betul realistis hidden camera hingga yang terlalu banyak rekayasa namun tetapi menggunakan nama reality show. Ini merupakan genre acara televisi yang menggambarkan adegan yang seakan-akan benar-benar berlangsung tanpa skenario, dengan pemain yang umumnya khalayak umum biasa, bukan pemeran. Tim Kreatif mempunyai tugas yaitu pra-produksi dan produksi. Saat pra-produksi kreatif harus menyiapkan materi, rundown dan naskah, sedangkan pada saat produksi kreatif memberikan arahan dan gambaran naskah kepada pembawa acara dan tidak memiliki banyak andil dalam pasca produksi. Tugas kreatif adalah melakukan riset dan survei, aktif berdiskusi, membuat konsep program, menuangkannya dalam bentuk naskah, rundown, dan menghubungi para talent dan performer. Saat shooting di lapangan tim kreatif menjadi interviewer mendampingi performer atau pengisi acara, mengawasi materi yang disampaikan host. Mengajarkan lebih detail apa yang belum dipahami anak magang dan tidak memberikan pekerjaan yang sangat ringan, lebih baik memberikan tanggung jawab yang besar untuk anak magang sehingga ilmu di dunia pertelevisian yang didapat lebih banyak. Tetap menjadi stasiun televisi yang menghadirkan program-program acara yang menarik perhatian penonton dan selalu berinovasi untuk selalu menjadi stasiun televisi yang lebih baik dan lebih maju. Lebih banyak memberikan pendalaman materi Broadcasting kepada mahasiswa yang lebih mengacu kepada prakek langsung sehingga mahasiswa dapat mengetahui secara langsung apa saja yang diperlukan dan apa saja kesulitan yang mungkin dihadapi. Menambah sarana dan fasilitas serta memperbaiki peralatan-peralatan produksi yang rusak yang digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas yang dosen berikan seperti peralatan produksi dan peralatan pendukung lainnya supaya mahasiswa dapat mempergunakan dengan maksimal. (trans tv,reality show,tim kreatif,saran)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Pratama Wisnu
    Date Deposited: 17 Nov 2016 16:47
    Last Modified: 17 Nov 2016 16:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29154

    Actions (login required)

    View Item