"PREDIKTOR-PREDIKTOR INTENSI PENGGUNAAN INTERNET DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN ONLINE” (Studi Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta)

WIYANTI, YETI DIAH (2016) "PREDIKTOR-PREDIKTOR INTENSI PENGGUNAAN INTERNET DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN ONLINE” (Studi Pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1404Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh niat konsumen dalam menggunakan internet untuk melakukan pembelian online yang dipengaruhi oleh beberapa faktor penentu niat berupa sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, pengalaman belanja online dan kepercayaan, dan pengaruh pemoderasi berupa intensi penggunaan internet untuk pencarian informasi produk diantara variabel dependen dan independennya. Sampel terdiri dari 160 orang mahasiswa pengguna internet di Universitas Sebelas Maret Surakarta yang pernah melakukan pembelian online. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dan menggunakan kuesioner untuk proses pengumpulan data. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengetahui pengaruh langsung dari variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penentu niat berupa: sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan dan kepercayaan berpengaruh signifikan pada intensi penggunaan internet untuk melakukan pembelian kecuali pengalaman belanja online tidak berpengaruh signifikan terhadap intensi penggunaan internet untuk melakukan pembelian dan faktor-faktor penentu niat berupa: sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, pengalaman belanja online dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap intensi penggunaan internet untuk melakukan pembelian ketika dimoderasi oleh intensi penggunaan internet untuk pencarian informasi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 17 Nov 2016 12:37
    Last Modified: 17 Nov 2016 12:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29101

    Actions (login required)

    View Item