PROSEDUR PT. ASURANSI JIWASRAYA CABANG SURAKARTA DALAM PELAYANAN KLAIM NASABAH

P, Windya Anggraini M (2016) PROSEDUR PT. ASURANSI JIWASRAYA CABANG SURAKARTA DALAM PELAYANAN KLAIM NASABAH. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1328Kb)

    Abstract

    ABSTRAK PROSEDUR PT. ASURANSI JIWASRAYA CABANG SURAKARTA DALAM PELAYANAN KLAIM NASABAH WINDYA ANGGRAINI MULYONO PUTRI F3213074 Klaim merupakan tuntutan ganti rugi dari tertanggung kepada penanggung sehubungan dengan terjadinya peristiwa atas objek pertanggungan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis klaim yangdapat ditangani PT. Asuransi Jiwasraya dan untuk menjelaskan prosedur pelayanan klaim pada PT. Asuransi Jiwasraya. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, studi pustaka, dan observasi, sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik penganalisaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif yang membuat gambaran secara sistematis, factual, dan akurat mengenai penerapan prosedur pelayanan klaim yang sudah dilaksanakan oleh PT. Asuransi Jiwasraya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa jenis pelayanan klaim terdiri dari 2(dua) yaitu yang pertama jenis pelayanan klaim yang dapat langsung diproses oleh PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta yaitu Klaim Ekspirasi <50 juta, Klaim Tahapan (beasiswa), Klaim Berkala (Beasiswa), dan Klaim Tebus. Yang kedua jenis pelayanan klaim yang butuh proses lebih lanjut oleh PT. Asuransi Jiwasraya Wilayah Yogyakarta yaitu meliputi Klaim Ekspiras>50 juta, Klaim Meninggal Dunia, dan Klaim Cacat Tetap Total. Perbedaan prosedur yang diproses di Cabang Surakarta dengan yang diproses di Wilayah Yogyakarta yaity berupa nilai klaim yang tinggi (>50 juta) akan diproses di PT. Asuransi Jiwasraya Wilayah Yogyakarta. Keputusan klaim pada PT. Asuransi Jiwasraya yaitu berdasarkan pengisian formulir dengan benar dan dilengkapi dengan semua dokumen yang dipersyaratkan oleh PT. Asuransi Jiwasraya, maka perusahaan akan membayarkan klaim yang telah diajukan oleh nasabah dengan standar proses klaim selama 14 hari kerja untuk menyelesaikan setiap klaim. Saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah pelayanan yang diberikan oleh PT. Asuransi Jiwasraya Cabang Surakarta khususnya dalam melayani klaim agar lebih ditingkatkan lagi, sehingga akan memberikan citra yang melekat di hati para nasabah dan nasabah akan merasa puas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Nanda Rahma Ananta
    Date Deposited: 17 Nov 2016 10:21
    Last Modified: 17 Nov 2016 10:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29073

    Actions (login required)

    View Item