Peningkatan Pemahaman Konsep Sistem Pemerintahan Pusat dengan Menggunakan Model Kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas 4 SDN Bratan III Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016

ABDILLAH S, HAFIDZ (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Sistem Pemerintahan Pusat dengan Menggunakan Model Kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas 4 SDN Bratan III Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1139Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hafidz Abdillah S. K7112100. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS IV SDN BRATAN III SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2016. Tujuan penelitian ini untuk meningatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahapan. Tahapan-tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 4 SD N Bratan III Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil tes pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat sebelum dilakukannya tindakan sebesar 42,93 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 7% atau hanya 2 dari 29 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Pemahaman siswa terhadap sistem pemerintahan pusat meningkat setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan perolehan skor rata-rata sebesar 78,45 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 83%. Pemahaman siswa terhadap sistem pemerintahan pusat kembali meningkat pada siklus II dengan perolehan skor rata-rata sebesar 86,72 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93%. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat siswa kelas 4 SD N Bratan III Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Group Investigation, pemahaman konsep, sistem pemerintahan pusat. ABSTRACT Hafidz Abdillah S. K7112100. IMPROVED COMPREHENSION OF CONCEPTS SYSTEM OF CENTRAL GOVERMENT BY USING COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE GROUP INVESTIGATION (GI) IN 4TH GRADE STUDENTS OF SD N BRATAN III SURAKARTA IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University, August 2016. The purpose of this research was to improve the comprehension of concepts system of central goverment in 4th grade students of SD N Bratan III Surakarta in the academic year of 2015/2016. The research was a room action research consist two cycles. Each cycle consists of two meetings and four steps. The steps are planning, implementation, observation, and reflection. Subjects of this research were 4th grade teacher and students in SD N Bratan III Surakarta consists of 29 students. The data collecting techniques were test, observation, interview, and documentation. The analyze data used interactive technique. The result of this research indicated that the average score of the comprehension test about concept system of central goverment before action were 42,93 and the percentage of classical completeness is 7%, or the only 2 of 29 students who obtained value above KKM. Student’s comprehension of system of central goverment increase after the action in the first cycle, with the acquisition of an average score is 78,45 and the percentage of classical completeness is 83%. Student comprehension’s of system of central goverment increased again on the second cycle with the acquisition of an average score is 86,72 and the percentage of classical completeness is 93%. In conclusion, cooperative learning model type Group Investigation (GI) can improve the comprehension of concepts multiplication system of central goverment in 4th grade students of SD N Bratan III Surakarta in the academic year of 2015/2016. Keywords: Group Investigation, comprehension of concepts, system of central goverment

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 17 Nov 2016 00:21
    Last Modified: 17 Nov 2016 00:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29038

    Actions (login required)

    View Item