CERITA ANAK FABEL PADA HARIAN KOMPAS TAHUN 2015: Kajian Strukturalisme Robert Stanton

Widyawati, Asis (2016) CERITA ANAK FABEL PADA HARIAN KOMPAS TAHUN 2015: Kajian Strukturalisme Robert Stanton. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (133Kb)

    Abstract

    ASIS WIDYAWATI. C0212009. 2016. Cerita Anak Fabel pada Harian Kompas Tahun 2015: Kajian Strukturalisme Robert Stanton. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana fakta cerita, tema, dan sarana cerita anak fabel pada harian Kompas tahun 2015? (2) Bagaimana kesatuan cerita anak fabel pada harian Kompas tahun 2015? (3) Bagaimana penilaian dan formula cerita anak fabel pada harian Kompas tahun 2015? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan fakta cerita, tema, dan sarana cerita anak fabel pada harian Kompas tahun 2015. (2) Mendeskripsikan kesatuan cerita anak fabel pada harian Kompas tahun 2015. (3) Memberikan penilaian dan menemukan formula cerita anak fabel pada harian Kompas tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah fakta cerita, tema, dan sarana cerita pada cerita anak berupa fabel dalam harian Kompas tahun 2015. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks cerita anak fabel dalam harian Kompas tahun 2015 yang berjudul Keajaiban Pesan Ibu karya Kak Awam edisi Minggu, 6 Desember 2015, Nando Tak Pernah Bersyukur karya Ramajani Sinaga edisi Minggu, 11 Oktober 2015, dan cerita Ujian Akhir Fija karya FiFadila edisi Minggu, 1 Maret 2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa fabel anak pada harian Kompas tahun 2015 memiliki kualitas yang baik. Fabel-fabel tersebut tidak menampilkan karakter yang banyak. Sehingga, alurnya padat dan pesan yang disampaikan lebih mudah ditangkap oleh anak. Kausalitas dan plausibilitas fabel Kompas juga baik. Setiap peristiwa merupakan sebab dan akibat dari peristiwa lainnya. Sehingga, apabila satu peristiwa dihilangkan dapat merusak jalannya alur dan plausibilitas cerita. Gaya bahasa dan simbolisme yang digunakan dalam cerita juga sangat sederhana. Setiap unsur dalam cerita juga memiliki hubungan yang saling mempengaruhi sehingga gagasan utama cerita dapat disampaikan dengan jelas. Formula cerita pada fabel harian Kompas tahun 2015 adalah cerita selalu dikemas menggunakan sudut pandang orang ketiga, dibuka dengan pengenalan tokoh, latar peristiwa, dan konflik yang akan dihadapi tokoh utama. Bagian tengah selalu memiliki porsi yang lebih panjang berupa konflik utama yang dihadapi tokoh utama yang dapat diselesaikan dalam kurun waktu satu hari. Bagian akhir cerita selalu berisi kesimpulan dan pesan moral dari cerita tersebut. Tokoh antagonis dihadirkan melalui konflik batin yang dialami tokoh utama. Tokoh utama selalu dihadirkan dengan sifat yang jelek, hingga akhirnya sifat tersebut lah yang menimbulkan konflik. Ketiga fabel memiliki satu tema yang sama, yaitu ajakan untuk bisa mempertahankan karakter dan pola pemikiran lokal di tengah maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Kata Kunci : cerita anak, fabel, struktur cerita

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    P Language and Literature > PZ Childrens literature
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Indonesia
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 17 Nov 2016 00:03
    Last Modified: 17 Nov 2016 00:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29032

    Actions (login required)

    View Item