UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKTIVITAS RITMIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV AMRU SD AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO TAHUN AJARAN 2015 / 2016

Kurniyawati, Rizky (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKTIVITAS RITMIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV AMRU SD AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (456Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rizky Kurniyawati. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKTIVITAS RITMIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS IV AMRU SD AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dalam aktivitas ritmik dapat meningkatkan hasil kompetensi peserta didik kelas IV Amru SD AL-Azhar Syifa Budi Solo Tahun Ajaran 2015/2016. Metode Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV Amru SD Al-Azhar Syifa Budi Solo yang berjumlah 25, terdiri dari 12 putra dan 13 putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru, kolaborator, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah observasi dengan penilaian autentik berupa penilaian afektif, penilaian kognitif (jawaban tertulis berupa tes), penilaian psikomotor dan (penilaian kinerja) aktivitas ritmik pola gerak dasar berirama. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan kompetensi aktivitas ritmik peserta didik dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hasil kompetensi aktivitas ritmik peserta didik menunjukkan persentase 68% (17 peserta didik) tuntas dari jumlah 25 peserta didik. Pada siklus II hasil kompetensi aktivitas ritmik peserta didik menunjukkan persentase 96% (24 peserta didik) tuntas dari 25 jumlah peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : Penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil kompetensi aktivitas rimik peserta didik kelas IV Amru SD Al-Azhar Syifa Budi Solo tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci: hasil belajar, kompetensi aktivitas ritmik, media pembelajaran audio visual.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 16 Nov 2016 23:06
    Last Modified: 16 Nov 2016 23:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29020

    Actions (login required)

    View Item