PERAN KOORDINATOR DAN PARA TEKNISI SELF ACCESS CENTER (SAC) DALAM MENJALANKAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS UNTUK MENCAPAI CUSTOMER SATISFACTION DI SAC UPT P2B UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) SURAKARTA

Maya Juliyanti, Elia (2010) PERAN KOORDINATOR DAN PARA TEKNISI SELF ACCESS CENTER (SAC) DALAM MENJALANKAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS UNTUK MENCAPAI CUSTOMER SATISFACTION DI SAC UPT P2B UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS) SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1711Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan salah satu jembatan menuju kesuksesan. Pengadaan fasilitas belajar yang lengkap dan memadai merupakan salah satu penunjang demi tercapainya kualitas pendidikan yang diinginkan. Banyak Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri berlomba untuk memperoleh kepuasan belajar bagi mahasiswa, mulai dari fasilitas gedung, lingkungan hingga fasilitas belajar bagi mahasiswa dan tidak menutup kemungkinan juga mengupayakan masyarakat umum mampu belajar secara mandiri di tempat tersebut. Universitas Sebelas Maret Surakarta melalui Unit Pelayanan Teknis Pengembangan dan Pelayanan Bahasa (UPT P2B). Sebagai pusat pelayanan dan pengembangan kebahasaan diharapkan menjadi lembaga pendidikan yang profesional dengan memfasilitasi mahasiswa dan karyawan maupun masyarakat umum suatu akses agar mampu mengembangkan bahasa asing dengan baik. Mereka dapat memilih belajar secara mandiri maupun mengikuti kelas kursus untuk masing-masing bahasa. Secara mandiri, dapat dilakukan di Self Access Center (SAC) Self Access Center (SAC) secara umum adalah pusat untuk mengakses berbagai pengetahuan secara mandiri tanpa bimbingan guru. Dengan SAC diharapkan murid, mahasiswa serta masyarakat umum dapat memperoleh materi dari berbagai ilmu dan dapat melatih diri untuk mengembangkan ketrampilan berbabahasa seluas-luasnya tanpa mengganggu dan diganggu oleh orang lain. Mereka juga bisa berlatih, menguji, dan mengoreksi diri sendiri. Oleh karena itu SAC dirancang dan dipersiapkan sedemikian rupa sehingga suasananya bisa tenang, aman, dan nyaman sehingga setiap orang yang masuk ke dalamnya dapat senantiasa belajar dan belajar. Apalagi dengan adanya Repeater Language System, Parabola dan Broadband Internet Ready, para siswa dapat mengakses segala informasi dari dunia luar. Self Access Centre (SAC) di Universitas Sebelas maret Surakarta merupakan satu ruang khusus bagian dari UPT-P2B UNS berfungsi sebagai tempat untuk belajar secara mandiri bagi civitas akademika UNS maupun masyarakat umum. Selain fasilitas berbahasa Inggris, terdapat juga bahasa lainnya, seperti bahasa Perancis, Jepang, Mandarin, Jerman, dan bahasa Belanda. Keberadaan SAC tidak dapat dipisahkan dari struktur organisasi UPT P2B karena keduanya saling melengkapi. Dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas penunjang, seperti: materi belajar mandiri (Self Access Material), komputer berakses internet, Computered-Assisted Language Learning (CALL), video, DVD dan VCD, Leisure Reading Corner, Listening Corner, Study Corner, dan Speaking Corner. Fasilitas-fasilitas tersebut memang diperuntukkan bagi setiap member dalam belajar bahasa asing pilihan mereka. Kini semakin disadari bahwa untuk mempertahankan keberadaan member sebagai pelanggan setia SAC dan beberapa rekanan bisnis memerlukan kualitas pelayanan yang bermutu. Member SAC di sini bukan hanya mahasiswa namun juga masyarakat umum dari berbagai golongan dan latar belakang pendidikan yang beragam. Bukan hanya alat saja yang dibutuhkan, namun kehadiran seorang Public Relations Officer sangatlah penting. Memang tidak ada jabatan PR secara formal di SAC, namun dalam menjalankan tugasnya, para koordinator di SAC harus mampu menjalankan fungsi PR. Saat ini konsumen semakin kritis dengan kualitas sebuah pelayanan. Adanya kualitas fasilitas dan pelayanan yang buruk dapat dengan cepat tersebar. Hubungan yang harmonis dimaksudkan untuk mengikat perhatian, pengertian, kepercayaan, dukungan, tanggapan/ respon konsumen agar tetap menjadi pelanggan/ member SAC yang loyal. Proses memahami akan memberikan sejumlah manfaat, yang diantaranya membantu anggota SAC dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Fasilitas yang disediakan tidak serta merta untuk bersenang-senang, tetapi juga karena adanya faktor-faktor lain yang mendorong mereka untuk memakai fasilitas SAC. Agar mahasiswa dan khalayak umum mengetahui manfaat yang didapat dari SAC.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Budhi Kusumawardana Julio
    Date Deposited: 13 Jul 2013 00:29
    Last Modified: 13 Jul 2013 00:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2902

    Actions (login required)

    View Item