PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH PADA SKPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2014

TITI WIGATI, ENDAH (2016) PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH PADA SKPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (265Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas kinerja instasi pemerintah pada SKPD di Kabupaten Purworejo. Untuk melihat pengaruh penerapan anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah menggunakan empat variabel yaitu, perencanaan anggaran (X1), pelaksanaan anggaran (X2), pelaporan/pertanggungjawaban anggaran (X3), dan evaluasi kinerja (X4). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden yang merupakan penanggung jawab maupun pelaksana siklus anggaran di masing-masing SKPD Kabupaten Purworejo yang berjumlah 66 SKPD yang ditentukan dengan purposive sampling dan dianalisis dengan menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan anggaran, pelaporan anggaran dan evaluasi kinerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan pelaksanaan anggaran tidak berpengaruh secara signifikan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji regresi linear berganda yang menunjukkan Y = 0,730 + 0,346 X1 - 0,307X2 + 0,361X3 + 0,419X4.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 16 Nov 2016 22:05
    Last Modified: 16 Nov 2016 22:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29005

    Actions (login required)

    View Item