EVALUASI PROSEDUR PENGELOLAAN PIUTANG PASIEN PERORANGAN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA

Budiyati, Kurniasih (2016) EVALUASI PROSEDUR PENGELOLAAN PIUTANG PASIEN PERORANGAN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (654Kb)

    Abstract

    ABSTRAK EVALUASI PROSEDUR PENGELOLAAN PIUTANG PASIEN PERORANGAN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA Kurniasih Budiyati F3313066 Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur pengelolaan piutang pasien perorangan rawat jalan. Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu rumah sakit pemerintah provinsi Jawa Tengah yang berbentuk Badan Layanan Umum yaitu Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Penulis menggunakan metode deskriptif dalam penulisan Tugas Akhir ini. Jenis data menggunakan data primer, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu metode yang menguraikan suatu masalah yang berhubungan dengan pengumpulan data, mengelola data, menganalisa data, dan kemudian mengambil kesimpulan sesuai dengan pokok permasalahan. Didapatkan bahwa prosedur pengelolaan piutang pasien perorangan rawat jalan pada Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta berjalan baik sesuai dengan Standar Prosedur Operasional. Kelebihan dari evaluasi ini antara lain adanya pemisahan tugas dalam setiap unit satuan kerja yang terkait, adanya pengendalian terhadap dokumen dan catatan akuntansi yang digunakan. Kelemahan yang ditemukan dalam hasil evaluasi ini antara lain kurang tercapainya ketepatan waktu dalam menyelesaikan pelaporan piutang dan kurang optimalnya aplikasi komputer yang digunakan, sehingga proses verifikasi dan pencatatan akuntansi menjadi terhambat. Penulis memberikan beberapa rekomendasi yang diharapkan dapat meminimalisir kelemahan- kelemahan tersebut antara lain mengoptimalkan kinerja karyawan dan aplikasi yang telah ada. Kata kunci: Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, Badan Layanan Umum, Pengeloaan Piutang, Prosedur, Evaluasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 16 Nov 2016 22:01
    Last Modified: 16 Nov 2016 22:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/29003

    Actions (login required)

    View Item