EFEKTIFITAS PERMAINAN OUTBOUND DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN SIDANEGARA 01 CILACAP 2015/2016

Satrio, Kunto Bagas (2016) EFEKTIFITAS PERMAINAN OUTBOUND DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN SIDANEGARA 01 CILACAP 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (662Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Kunto Bagas Satrio K3112044. EFEKTIFITAS PERMAINAN OUTBOUND DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA KELOMPOK PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN SIDANEGARA 01 CILACAP TAHUN 2015/2016. Skripsi,Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan permainan outbound dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kerjasama kelompok siswa kelas III di SDN Sidanegara 01 Cilacap. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experimental Design.Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk mengetahui data kerjasama kelompok.Analisis data menggunakan uji independent sample t test dan paired sample t test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini.Pertama, tidak ada perbedaan antara hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol hasilnya 0.757 > 0.05 Kedua, tidak ada perbedaan antara hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen hasilnya 0.813 > 0.05. Maka Ho diterima Ha ditolak artinya bahwa tidak ada perbedaan kerjasama kelompok peserta didik kelas III SDN Sidanegara 01 Cilacap tahun 2015/2016 sebelum dan sesudah pemberian permainan outbound dalam bimbingan kelompok. Simpulan hasil penelitian ini adalah permainan outbound dalam bimbingan kelompok tidak efektif untuk meningkatkan kerjasama kelompok peserta didik kelas III di SDN Sidanegara 01 Cilacap tahun 2015/2016. Penelitian ini tidak efektif dikarenakan faktor faktor validitas internal: pertama, faktor seleksi (selection) subjek yang dipilih yaitu peserta didik kelas III yang mana peserta didik usia nya masih terlalu dini sehingga tidak dapat dilakukan seting kelompok dan rentang perhatian pendek pada saat permainan outbound. Kedua faktor instrumen (instrumentation), pada saat pengisian angket yang dilakukan oleh peneliti kepada peserta didik, peserta didik kurang memahami pernyataan angket, hal ini menyebabkan data yang didapat kurang tepat. Dengan adanya penelitian ini, dapat disampaikan saran kepada kepala sekolah, guru kelas dan peneliti selanjutnya. Kepada kepala sekolah diharapkan dapat memfasilitasi dan mendukung kinerja guru kelas dalam menangani peserta didik yang memiliki kerjasama kelompok rendah. Kepada guru kelas diharapkan dapat meningkatkan kerjasama kelompok, dengan cara yang lebih baik. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperbaiki kesalahan peneliti dan mengembangkan proses pelaksanaan permainan outbound dalam bimbingan kelompok. Kata Kunci : Permainan Outbound,bimbingan kelompok,kerjasama kelompok

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 16 Nov 2016 21:57
    Last Modified: 16 Nov 2016 21:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28999

    Actions (login required)

    View Item