PEMANFAATAN GAYA BAHASA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE

Esti Suryani, Vina (2010) PEMANFAATAN GAYA BAHASA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU KARYA TERE LIYE. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1785Kb)

    Abstract

    digunakan oleh pengarang dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu; 2) menentukan makna gaya bahasa yang terdapat pada novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu; 3) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada novel Rembulan Tenggelan di Wajahmu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode content analysis atau analisis isi. Metode content analysis digunakan untuk menelaah isi dari suatu dokumen, dalam penelitian ini dokumen yang dimaksud adalah novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye cetakan ke-2 yang diterbitkan oleh penerbit Republika tahun 2009. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat karena data-datanya berupa teks. Adapun langkah-langkah dalam pengumpulan data adalah: 1) membaca novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu secara berulang-ulang; 2) mencatat kalimat-kalimat yang menggunakan gaya bahasa; 3) mencatat kalimat-kalimat yang mengandung nilai-nilai pendidikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis mengalir yang meliputi tiga komponen, yaitu: 1) reduksi data; 2) penyajian data; 3) penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) gaya bahasa yang terdapat dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye didominasi oleh simile karena kalimat-kalimatnya banyak ditemukan penggunaan kata tugas (seperti, bagai, dan bak). Pengarang cenderung dominan menggunakan gaya bahasa simile karena melalui gaya bahasa ini nilai-nilai pendidikan yang ingin disampaikan akan mudah dipahami oleh pembaca. Adapun pemajasan lain yang terdapat dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu adalah metafora, hiperbola, personifikasi, metonimia, antitesis, ironi, sarkasme, sinisme, paralelisme, pars pro toto, asindeton, Polisindeton, Apostrof, elipsis, pleonasme, perifrasis, anafora, hipalase, paradoks, dan epizeukis; 2) pemaknaan gaya bahasa dapat ditentukan berdasarkan konteksnya. Pemaknaan pada gaya bahasa ditujukan untuk membantu pembaca dalam menafsirkan nilai-nilai pendidikan yang diungkapkan pengarang dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu; 3) Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu adalah nilai religi, nilai moral, dan nilai sosial.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Indonesia
    Depositing User: Users 830 not found.
    Date Deposited: 13 Jul 2013 00:26
    Last Modified: 13 Jul 2013 00:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2897

    Actions (login required)

    View Item