PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KEPATUHAN PENGUNGKAPAN WAJIB ASET TETAP DALAM LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI PULAU JAWA TAHUN ANGGARAN 2014

KURNIAWAN, MUHAMMAD (2016) PENGARUH KARAKTERISTIK PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KEPATUHAN PENGUNGKAPAN WAJIB ASET TETAP DALAM LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DI PULAU JAWA TAHUN ANGGARAN 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (317Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris mengenai pengaruh karakteristik pemerintah daerah terhadap kepatuhan pengungkapan wajib aset tetap dalam laporan keuangan pemerintah daerah. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah size aset, diferensiasi fungsional, Intergovernmental Revenue, dan belanja modal. Pengumpulan data menggunakan judgement sampling pada pemerintah daerah Kabupaten dan Kota di Pulau Jawa Tahun 2014. Berdasarkan metode tersebut, diperoleh sampel sebanyak 104 LKPD. Item pengungkapan wajib yang digunakan untuk mendeteksi tingkat kepatuhan pengungkapan wajib sesuai PSAP 07 adalah 12 item. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji variabel-variabel yang berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan wajib. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel independen yang berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepatuhan pengungkapan wajib adalah diferensiasi fungsional, Intergovernmental Revenue, dan belanja modal. Variabel lain seperti size aset tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap tingkat pengungkapan wajib aset tetap dalam neraca pemerintah daerah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 16 Nov 2016 19:47
    Last Modified: 16 Nov 2016 19:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28951

    Actions (login required)

    View Item