PENGARUH KOMPETENSI, KOMPLEKSITAS TUGAS, DAN TEKANAN ANGGARAN WAKTU TERHADAP KUALITAS AUIT INTERNAL PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris pada Kantor Inspektorat Kabupaten/ Kota se-Eks Karesidenan Surakarta)

PRATOMO, DONY (2016) PENGARUH KOMPETENSI, KOMPLEKSITAS TUGAS, DAN TEKANAN ANGGARAN WAKTU TERHADAP KUALITAS AUIT INTERNAL PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris pada Kantor Inspektorat Kabupaten/ Kota se-Eks Karesidenan Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1198Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi auditor, kompleksitas tugas, dan tekanan anggaran waktu terhadap kualitas audit internal pemerintah daerah. Populasi penelitian ini adalah seluruh auditor yang masih aktif pada kantor Inspektorat Kabupaten/ Kota se-Eks Karesidenan Surakarta. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu dengan purposive sampling. Data penelitian bersumber dari kuesioner yang telah diperoleh dan diisi oleh responden sebanyak 90 orang dengan jabatan fungsional auditor. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (independent) yang terdiri atas kompetensi, kompleksitas tugas, dan tekanan anggaran waktu, dan variabel terikat (dependent) yaitu kualitas audit. Penelitian ini diuji dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit, kompleksitas tugas tidak berpengaruh terhadap kualitas audit meskipun memiliki hubungan terbalik terhadap kualitas audit, sedangkan tekanan anggaran waktu tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Kata kunci: auditor, kompetensi, kompleksitas tugas, tekanan anggaran waktu, kualitas audit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 16 Nov 2016 17:52
    Last Modified: 16 Nov 2016 17:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28940

    Actions (login required)

    View Item