FLYPAPER EFFECT PADA DANA ALOKASI UMUM DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BELANJA DAERAH (Studi Empiris Pada Kabupaten/Kota Yang Menerima Pengalihan PBB Pedesaan dan Perkotaan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan di Indonesia Tahun 2013-2014)

TOMO, IRFAN ANNAS (2016) FLYPAPER EFFECT PADA DANA ALOKASI UMUM DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BELANJA DAERAH (Studi Empiris Pada Kabupaten/Kota Yang Menerima Pengalihan PBB Pedesaan dan Perkotaan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan di Indonesia Tahun 2013-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (485Kb)

    Abstract

    ABSTRAK FLYPAPER EFFECT PADA DANA ALOKASI UMUM DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BELANJA DAERAH (Studi Empiris Pada Kabupaten/Kota Yang Menerima Pengalihan PBB Pedesaan dan Perkotaan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan di Indonesia Tahun 2013-2014) IRFAN ANNAS TOMO F1314052 Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menguji pengaruh Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Daerah serta memberikan bukti empiris adanya flypaper effect pada belanja pemerintah kabupaten/kota yang menerima pengalihan PBB Pedesaan dan Perkotaan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan di Indonesia tahun 2013-2014. Penelitian dilakukan terhadap 121 kabupaten/kota di Indonesia selama kurun waktu 2013-2014. Analisis data panel dilakukan dengan tahap pemilihan estimasi model menggunakan Uji Chow dan Uji Hausman. Penetapan model regresi data panel ini melalui uji asumsi klasik dan dilakukan pengujian koefisien regresi secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Belanja Daerah. Nilai koefisien regresi Dana Alokasi Umum yang lebih besar daripada nilai koefisien regresi Pendapatan Asli Daerah menunjukkan bahwa terjadi flypaper effect pada pemerintah kabupaten/kota yang menerima pengalihan PBB Pedesaan dan Perkotaan dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan di Indonesia tahun 2013-2014. Kata kunci: Dana Alokasi Umum (DAU), Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Daerah, Flypaper Effect, PBB-P2, BPHTB.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 16 Nov 2016 17:31
    Last Modified: 16 Nov 2016 17:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28936

    Actions (login required)

    View Item