PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULISDESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMKN 2NGAWITAHUN AJARAN 2009/2010

YUDOWIBOWO, TRI (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULISDESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMKN 2NGAWITAHUN AJARAN 2009/2010. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (659Kb)

    Abstract

    Tri Yudowibowo. S 840209129. Penerapan Strategi Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskrips Pada Siswa kelas X Mekanik Otomotif, SMKN 2 Ngawi. Tesis. Surakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2010. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dengan strategi pembelajaran kooperatif STADdi SMK Negeri 2 Ngawi. Adapun secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran kooperatif STAD dalam pembelajaran menulis deskripsi di kelas X Mekanik Otomotif(MO), dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi setelah diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahapan: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4)refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) pengamatan, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MO SMK Negeri 2 Ngawi, berjumlah 38 siswa putra. Pelaksanaan berlangsung mulai bulan Pebrusri 2010 hingga Juni 2010. Pengujian analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi sumber data, triangulasi metode pengumpulan data..Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptifkomparatifdan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) pelaksanaan proses belajar mengajar dalam pembelajaran menulis deskripsi di kelas X MO, SMK Negeri 2 Ngawi dapat berjalan secara efektif dan suasana pembelajaran menjadi lebih hidup setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif STAD. Hal ini ditandai dengan motivasi dan keaktifan siswa yang semakin meningkat dalam proses belajar-mengajar. (2) dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif STAD, keterampilan menulis deskripsi siswa meningkat, baik peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar maupun peningkatan nilai reratanya. Peningkatan jumlah ketuntasan belajar dari siklus I sebesar 20,00%; siklus II sebesar 40,00%; dan siklus III sebesar 60,00%, sedangkan nilai reratanya pada akhir siklus III mencapai 80,00. Nilai tersebut telah memenuhi batas kriteria ketuntasan (KKM) yang ditetapkan. Dari hasil pengamatan proses pembelajaran menulis deskripsi dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif STADternyata dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Pada akhirnya dapat meningkat kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Siswa terlihat lebih semangat dan terampil menyusun hasil pengamatannya dalam bentuk tulisan deskripsi. Oleh sebab itu, melalui penelitian ini diharapkan bahwa strategi pembelajaran STAD dapat diterapkan sebagai salah satu pilihan dalam pembelajaran menulis deskripsi khususnya dan pembelajaran bahasa pada umumnya di SMK Negeri 2 Ngawi.

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 13 Jul 2013 00:22
    Last Modified: 13 Jul 2013 00:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2893

    Actions (login required)

    View Item