Pengaruh Hasil Pemeringkatan E-Government Indonesia (PeGI) terhadap Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Indonesia

ADI SAPUTRA, DANY (2016) Pengaruh Hasil Pemeringkatan E-Government Indonesia (PeGI) terhadap Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (105Kb)

    Abstract

    PENGARUH HASIL PEMERINGKATAN E-GOVERNMENT INDONESIA (PeGI) TERHADAP KINERJA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH DI INDONESIA DANY ADI SAPUTRA NIM. F0312038 Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh hasil pemeringkatan e-government Indonesia (PeGI) terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Terdapat lima dimensi yang digunakan dalam pemeringkatan e-government yaitu kebijakan, kelembagaan, infrastruktrur, aplikasi, dan perencanaan. Sumber data kinerja ini adalah Kepmendagri Nomor 120-251 Tahun 2014 untuk data kinerja tahun 2012 dan Kepmendagri Nomor 120-4761 Tahun 2014 untuk data kinerja tahun 2013. Sumber data PeGI diperoleh dari hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh dan diumumkan melalui website Direktorat e-Government, Ditjen Aptika, Kemkominfo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 164 pemerintah daerah kabupaten/kota/provinsi tahun 2012-2013. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear untuk menguji hipotesis dan dengan melakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolonieritas, uji normalitas, dan uji heteroskedastisitas dengan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pemeringkatan e-government Indonesia (PeGI) berpengaruh positif terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Penelitian ini juga menemukan bahwa hanya dimensi infrastruktur yang berpengaruh positif terhadap kinerja. Kata kunci: e-government, PeGI, kinerja, pemerintahan daerah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 16 Nov 2016 13:07
    Last Modified: 16 Nov 2016 13:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28920

    Actions (login required)

    View Item