PENGARUH PENGGUNAAN NISIN DARI Lactococcus lactis subsp. lactis DENGAN METODE SPRAY TERHADAP KUALITAS FILLET IKAN PATIN SELAMA PENYIMPANAN DINGIN

ADILLA, SARAH NUR (2016) PENGARUH PENGGUNAAN NISIN DARI Lactococcus lactis subsp. lactis DENGAN METODE SPRAY TERHADAP KUALITAS FILLET IKAN PATIN SELAMA PENYIMPANAN DINGIN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (389Kb)

    Abstract

    Pada penelitian ini dikaji pengaruh penggunaan nisin dari Lactococcus lactis subsp. lactis yang diaplikasikan pada fillet ikan patin dengan metode spray terhadap kualitas fillet ikan patin selama penyimpanan dingin (4±1°C) dilihat dari Angka Lempeng Total (ALT), TVB-N, pH, dan TBA fillet selama 16 hari penyimpanan, dan mengetahui aktivitas optimalnya. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan satu faktor yaitu variasi aktivitas nisin pada tingkat 0 IU/ml, 500 IU/ml, 1.000 IU/ml, dan 2.000 IU/ml. Pengujian dilakukan pada hari ke-0, 4, 8, 12, dan 16 penyimpanan. Analisis data dilakukan dengan uji ANOVA (One Way ANOVA), jika terdapat perbedaan dilanjutkan dengan uji DMRT (α=5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan nisin dengan aktivitas 1.000 IU/ml dan 2.000 IU/ml berpengaruh nyata terhadap ALT, pH, dan TVB-N fillet ikan patin selama penyimpanan dingin. Sedangkan pada aktivitas 500 IU/ml nisin tidak berpengaruh. Variasi aktivitas nisin yang diberikan juga tidak berpengaruh terhadap TBA fillet. Nisin aktivitas 500 IU/ml, 1.000 IU/ml dan 2.000 IU/ml masing-masing mampu mempertahankan kualitas fillet hingga hari ke-4, 8, dan 12 berdasarkan standard pada semua parameter. Aktivitas optimal penggunaan nisin dengan metode spray pada fillet ikan patin pada penelitian ini sebesar 2.000 IU/ml.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    S Agriculture > SF Animal culture
    Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Sofi Wildan
    Date Deposited: 16 Nov 2016 12:33
    Last Modified: 16 Nov 2016 12:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28913

    Actions (login required)

    View Item