Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi pada Perusahaan Non Keuangqan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Putri, Intan Rhemo Diono (2016) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peringkat Obligasi pada Perusahaan Non Keuangqan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (899Kb)

    Abstract

    Peringkat obligasi merupakan alat untuk mengukur skala risiko gagal bayar suatu emiten. Risiko gagal bayar merupakan kemungkinan bahwa suatu emiten tidak dapat memenuhi kewajiban keuangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peringkat obligasi suatu perusahaan. Faktor-faktor yang diteliti terdiri dari faktor akuntansi yang meliputi profitabilitas, likuiditas, leverage, dan ukuran perusahaan serta faktor non akuntansi yang terdiri dari umur obligasi dan reputasi auditor. Penelitian ini merupakan pengujian hipotesis dengan jumlah sampel sebanyak 170 obligasi yang diperingkat oleh PT. PEFINDO dan Fitch Ratings Indonesia yang diterbitkan oleh perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia , PT. PEFINDO dan Fitch Ratings Indonesia. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik ordinal. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh sampel yang diuji secara umum mampu untuk dijadikan alat untuk memprediksi peringkat obligasi. Namun hanya beberapa variabel saja yang berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi yaitu profitabilitas (ROA), ukuran perusahaan, umur obligasi. Kata kunci : obligasi, peringkat obligasi, faktor akuntansi, faktor non- akuntansi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 16 Nov 2016 06:09
    Last Modified: 16 Nov 2016 06:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28880

    Actions (login required)

    View Item