Peningkatan kemampuan motorik halus melalui Project Based Learning pada anak kelompok B TK Siwi Peni XI Laweyan Tahun Ajaran 2015/2016

Saptarini, Indah (2016) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui Project Based Learning pada anak kelompok B TK Siwi Peni XI Laweyan Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (558Kb)

    Abstract

    Indah Saptarini. K8112038. PENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA ANAK KELOMPOK B TK SIWI PENI XI LAWEYAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui Project Based Learning pada anak kelompok B TK Siwi Peni XI Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan dan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Siwi Peni XI Laweyan yang berjumlah 11 anak terdiri dari 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penugasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif menurut Miles and Hubbermen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus pada anak setiap siklusnya. Pada pra tindakan diperoleh data 3 (27%) anak dari 11 anak sudah tuntas. Berdasarkan siklus I pertemuan IV menunjukkan data dari 11 anak terdapat 7 anak (64%) sudah tuntas. Siklus II terdapat peningkatan sebesar (82%) atau sekitar 9 anak mendapat nilai tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui Project Based Learning mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Siwi Peni XI Laweyan, Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci: kemampuan motorik halus, project based learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 16 Nov 2016 05:53
    Last Modified: 16 Nov 2016 05:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28878

    Actions (login required)

    View Item