PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DISERTAI MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Hargiono, (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DISERTAI MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (8Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Hargiono. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DISERTAI MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2015 Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Septembr. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 5E disertai mind map terhadap hasil belajar siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu (quasy experiment). desain penelitian adalah post-test only nonequivalent control group design dengan menggunakan kelas eksperimen (pembelajaran learning cycle 5E disertai mind map, pembelajarn learning cycle 5E, dan pembelajaran dengan teknik mind map) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional/yang biasa digunakan guru di sekolah). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling method, sehingga diperoleh kelas VIII A, VIII B, dan VIII G sebagai kelompok eksperimen, serta VIII H sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, lembar observasi, dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji anava. Hasil analisis data menggunakan anava satu jalan menunjukkan bahwa kelompok perlakuan dengan penerapan learning cycle 5E disertai mind map memiliki perbedaan hasil belajar dengan signifikansi sebesar 0,000 dan Fhitung sebesar 7,436 lebih tinggi dari nilai F(α,df) yang sebesar 2,440. Penelitian menyimpulan bahwa penerapan pembelajaran learning cycle disertai mind map berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas SMP Negeri 5 Karanganyar terutama ranah kognitif. Kata Kunci: learning cycle 5E, mind map, hasil belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: Zulfahmirda Matondang
    Date Deposited: 16 Nov 2016 05:42
    Last Modified: 16 Nov 2016 05:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28876

    Actions (login required)

    View Item