Aplikasi Mikrokapsul Oleoresin Daun Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) Dua Tahap sebagai Pengawet Daging Sapi Giling dengan Pengemas Vkum

HAYATI, DIYAH RAHMAH (2016) Aplikasi Mikrokapsul Oleoresin Daun Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) Dua Tahap sebagai Pengawet Daging Sapi Giling dengan Pengemas Vkum. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (155Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan mikrokapsul oleoresin daun kayu manis dua tahap pada beberapa konsentrasi (0%; 0,5% dan 1%) terhadap karakteristik mikrobiologis (TPC) dan fisiko-kimia (TBA, pH dan Warna) daging sapi giling selama penyimpanan pada suhu rendah 4±1°C. Rancangan Percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu variasi perlakuan yaitu konsentrasi mikrokapsul oleoresin daun kayu manis dua tahap (0%; 0,5% dan 1%). Pengamatan dilakukan pada hari ke 0, 4, 8, 12 dan 16. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan mikrokapsul oleoresin daun kayu manis dua tahap dapat mempertahankan kualitas daging sapi giling selama penyimpanan 16 hari pada suhu rendah 4±1°C, penambahan mikrokapsul dapat menekan kenaikan nilai TPC, TBA dan pH dan menstabilkan warna. Semakin tinggi penambahan mikrokapsul oleoresin daun kayu manis dua tahap dapat semakin menekan kenaikan nilai TBA dan warna daging.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 15 Nov 2016 23:52
    Last Modified: 15 Nov 2016 23:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28870

    Actions (login required)

    View Item