EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

ISTUNINGSIH, WAHYU (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (866Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wahyu Istuningsih, EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penggunaan concept attainment model dan model mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016, (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang lebih efektif antara pembelajaran yang menggunakan concept attainment model dengan pembelajaran yang menggunakan mind mapping pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar pada tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Uji prasyarat analisis sebelum melakukan uji t adalah populasi berdistribusi normal dengan menggunakan kolmogorov-smirnov dan populasi mempunyai varian yang sama menggunakan levene,s test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara yang menggunakan model pembelajaran concept attainment dengan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Nilai rata-rata posttest kelompok kontrol diperoleh sebesar 70,26 sedangkan kelompok eksperimen sebesar 76,28. Nilai rata-rata posttest kedua kelompok memiliki perbedaan dan dibuktikan dengan hasil perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,003 lebih besar dari t tabel 1,992 (df ke-75 dengan signifikansi 5%). (2) Hasil belajar siswa menggunakan concept attainment model lebih efektif daripada siswa yang menggunakan model mind mapping dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai gain dengan t-test diperoleh t hitung 2,182 lebih besar dari t tabel 1,992 (df ke-75 dengan signifikansi 5%). Simpulan berdasarkan hasil penelitian adalah kedua model yang digunakan menunjukkan perbedaan yang signifikan dan concept attainment model lebih efektif dibandingkan dengan model mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 15 Nov 2016 23:16
    Last Modified: 15 Nov 2016 23:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28867

    Actions (login required)

    View Item