Analisis Pengaruh Audit Tenure, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Spesialisasi Kantor Akuntan Publik, dan Rotasi Kantor Akuntan Publik terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI pada tahun 2012-2014)

ANDRE C.A, BENEDICTUS (2016) Analisis Pengaruh Audit Tenure, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Spesialisasi Kantor Akuntan Publik, dan Rotasi Kantor Akuntan Publik terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI pada tahun 2012-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (113Kb)

    Abstract

    ABSTRAKSI Analisis Pengaruh Audit Tenure, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Spesialisasi Kantor Akuntan Publik, dan Rotasi Kantor Akuntan Publik terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI pada tahun 2012-2014) Benedictus Andre Cahya Atmaja NIM: F0312027 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audit tenure, ukuran kantor akuntan publik, spesialisasi kantor akuntan publik dan rotasi kantor akuntan publik terhadap kualitas audit. Pada penelitian ini, pengukuran kualitas audit menggunakan proksi kualitas laba dengan nilai akrual diskresioner sebagai dasar untuk menghitung kualitas laba. Model Kasznik digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui nilai akrual diskresioner Sampel penelitian ini menggunakan 284 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 hingga 2014. Sampel penelitian tersebut diambil dengan metode purposive sampling. Hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa audit tenure berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Ukuran kantor akuntan publik tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Spesialisasi kantor akuntan publik juga tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Selain itu, rotasi kantor akuntan publik juga tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Kata Kunci: kualitas audit, akrual diskresioner, audit tenure, ukuran kantor akuntan publik, spesialisasi kantor akuntan publik dan rotasi kantor akuntan publik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 15 Nov 2016 20:30
    Last Modified: 15 Nov 2016 20:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28849

    Actions (login required)

    View Item