PENGARUH KAPASITAS AUDITOR TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROSEDUR AUDIT DALAM MELAKSANAKAN AUDIT INVESTIGASI (Studi Kasus pada Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur)

MAHENDRA L.S.P., BAYU (2016) PENGARUH KAPASITAS AUDITOR TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROSEDUR AUDIT DALAM MELAKSANAKAN AUDIT INVESTIGASI (Studi Kasus pada Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1790Kb)

    Abstract

    Penelitian ini meneliti pengaruh dari jabatan auditor, pengalaman kerja, dan sikap mental auditor terhadap efektivitas pelaksanaan prosedur audit dalam melaksanakan audit investigasi. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah efektivitas pelaksanaan prosedur audit dalam melaksanakan audit investigasi, sedangkan variabel independen yang digunakan adalah jabatan auditor, pengalaman kerja, dan sikap mental. Populasi penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS. Data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebar pada responden yang bekerja pada perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari ketiga faktor yaitu jabatan auditor, pengalaman kerja, dan sikap mental terhadap efektivitas pelaksanaan prosedur audit dalam melaksanakan audit investigasi ketika diuji simultan. Sedangkan dalam pengujian parsial, variabel berupa jabatan auditor dan sikap mental berpengaruh terhadap efektivitas pelaksanaan prosedur audit dalam melaksanakan audit investigasi, sedangkan variabel berupa pengalaman kerja tidak berpengaruh terhadap efektivitas pelaksanaan prosedur audit dalam melaksanakan audit investigasi. Kata kunci: kapasitas auditor, efektivitas, prosedur audit, audit investigasi, Triangle Fraud, efektivitas pelaksanaan prosedur audit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 15 Nov 2016 20:21
    Last Modified: 15 Nov 2016 20:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28848

    Actions (login required)

    View Item