Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Kompetensi Kerja Untuk Mempersiapkan Peserta Didik Menempuh On The Job Trining di Bagian Front Office Hotel (Studi Pengembangan di International Hotel Management School)

ARIS EKO M, ANDREAS (2016) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Kompetensi Kerja Untuk Mempersiapkan Peserta Didik Menempuh On The Job Trining di Bagian Front Office Hotel (Studi Pengembangan di International Hotel Management School). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (3277Kb)

    Abstract

    Andreas Aris Eko Mulyono, Suharno, Akhmad Arif Musadad. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Kompetensi Kerja Untuk Mempersiapkan Peserta Didik Menempuh On The Job Training Di Bagian Front Office Hotel (Studi Pengembangan Di International Hotel Management School). Tesis. Program Pascasarjana Studi Teknologi Pendidikan. Universitas Negeri Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bahan ajar Bahasa Inggris yang saat ini digunakan di IHS untuk mempersiapkan peserta didik menempuh OJT di bagian Front Office hotel, (2) Mengetahui proses pengembangan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis kompetensi kerja yang layak diterapkan di IHS, dan (3) Mengetahui efektifitas bahan ajar Bahasa Inggris berbasis Kompetensi Kerja, yang dikembangkan dalam meningkatkan kompetensi kecakapan Berbahasa Inggris peserta didik/i IHS. Metode penelitian pengembangan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) Studi Pendahuluan; (2) Pengembangan Model; (3) Uji coba efektivitas desain dan Evaluasi sumatif produk. Jenis data yang diperoleh di tahap studi pendahuluan adalah data kualiatif, hasil analisis kebutuhan pembelajaran serta analisis profil peserta didik. Data ini diperoleh dengan mengunakan instrumen interview dan studi dokumen. Jenis data yang diperoleh di tahap pengembangan model adalah data kualitatif, yaitu hasil validasi tim pakar/ahli; hasil uji coba perorangan, dan uji kelompok kecil. Data yang digunakan di tahap pengembangan model diperoleh dengan mengunakan instrumen kuisioner. Data ini akan digunakan sebagai dasar dilakukannya revisi terhadap bahan ajar tersebut agar menjadi produk yang layak dijadikan bahan ajar untuk kegiatan pembelajaran. Jenis data yang diperoleh di tahap Uji efektifitas desain adalah data kuantitatif. Data yang dikumpulkan adalah data nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji t berpasangan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Deskripsi kebutuhan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis kompetensi kerja, yang dirumuskan berdasarkan: (a) Analisis bahan ajar Bahasa Inggris yang digunakan di IHS, (b) Analisis urgensi kebutuhan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis kompetensi kerja; (2) Bahan ajar Bahasa Inggris berbasis kompetensi kerja, yang dikembangkan: (a) berdasarkan deksripsi unit-unit kompetensi dan uraian kriteria unjuk kerja di dalam SKKNI, (b) mengadopsi tahap pengembangan bahan ajar adopsi dari model pengembangan Dick dan Carey, dan (c) mengimplementasikan pendekatan ARCS di dalam pengembangan bahan ajar; (3) Hasil uji efektifitas dengan Uji-T menunjukkan bahwa bahan ajar Bahasa Inggris berbasis kompetensi kerja yang dikembangkan di dalam penelitian ini, efektif; dan uji kelayakan bahan ajar menunjukkan bahwa hasil uji kelayakan isi 82%, hasil uji kelayakan kebahasaan 87%, hasil uji kelayakan penyajian 78%, dan hasil uji kelayakan unsur dekoratif 75%. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa bahan ajar Bahasa Inggris berbasis kompetensi kerja ini layak untuk digunakan di di dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris untuk mempersiapkan peserta didik IHS menempuh On the Job Training (OJT) di bagian Front Office Hotel Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Bahasa Inggris untuk Kebutuhan Profesi, Kompetensi Kerja,

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 15 Nov 2016 19:54
    Last Modified: 15 Nov 2016 19:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28840

    Actions (login required)

    View Item