peran editor dalam produksi iklan di radio sonora yogyakarta

SHOLEH, AHMAD (2016) peran editor dalam produksi iklan di radio sonora yogyakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (913Kb)

    Abstract

    RINGKASAN Ahmad Sholeh, NIM D1413008, D3 Komunikasi Terapan Minat Penyiaran, Peran editor dalam Produksi iklan di Radio Sonora Yogyakarta, Tahun 2016 Kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) yang diprogramkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Program Studi Penyiaran bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan pengembangan karier mahasiswa setelah lulus. Dalam kegiatan KKM ini, penulis memilih untuk melakukan KKM di Radio Sonora Yogyakarta yang beralamat di jalan Suroto 4, Kota Baru, Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan KKM dimulai pada tanggal 5 Februari 2016 sampai 6 April 2016. Peran penulis sebagai editor menimbulkan ketertarikan penulis untuk menulis tugas akhir mengenai peran editor iklan yang ada di radio Sonora Yogyakarta. Ketertarikan penulis mengenai peran editor di radio Sonora Yogyakarta dikarenakan selama magang penulis ditugaskan menjadi editor dan diajarkan bagaimana melakukan proses produksi maupun proses editing sebuah iklan di radio Sonora Yogyakarta. Editor adalah orang yang melakukan penyuntingan seperti editor film dan editor suara, sedangkan proses editing Menurut Roy thomson and christopher J.Bowen (2009:1) adalah proses mengorganisir, reviewing dan menyusun gambar/suara hasil rekaman produksi. Peran editor dalam melakukan editing sangat penting karena pada proses editing sangat menentukan keberhasilan sauatu produksi suatu iklan. Radio Sonora merupakan radio yang didirikan oleh Peter Niti Nentono pada 20 desember 1968 dan saat ini beralamat di jalan Suroto 4, Kota Baru, Yogyakarta. Radio Sonora Yogyakarta merupakan radio yang memiliki jaringan nasional di 33 kota di Indonesia. Radio Sonora Yogyakarta memiliki visi menjadi radio paling diminati di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, menjadi acuan para pendengar dan menjadi media komunikasi yang efektif bagi produsen dan pemasang iklan. Misi radio Sonora Yogyakarta yaitu menyediakan konten informasi dan hiburan (edutaiment) yang terkini, terpecaya, interaktif, dan dinamis. Radio Sonora Yogyakarta memiliki struktur organisasi yang terdiri dari manager, administrasi, account executif, music director, produksi, kreatif, penyiar, operator, dan teknisi. Tugas yang diterima penulis selama menjalani kegiatan KKM yaitu menjadi editor dan operator siaran Manfaat yang diperoleh penulis selama melakukan kegiatan KKM yaitu penulis mendapatkan ilmu baru dalam dunia radio yang sekaligus dapat penulis praktekkan langsung selama menjalani KKM, seperti: diberikan tugas menjadi editor iklan, mendampingi siaran radio, melakukan promosi radio ke lapangan, maupun ikut serta menjadi tim dalam pelaksanaan event. (Kata kunci : radio,editor,editing).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 15 Nov 2016 19:41
    Last Modified: 15 Nov 2016 19:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28836

    Actions (login required)

    View Item