Proses Produksi Iklan Jateng Gayeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah oleh Dreamlight World Media Ungaran

RAHIM, ABDUR (2016) Proses Produksi Iklan Jateng Gayeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah oleh Dreamlight World Media Ungaran. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (465Kb)

    Abstract

    RINGKASAN Abdur Rahim, D1413003, Penyiaran, Proses Produksi Iklan Jateng Gayeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Oleh Dreamlight World Media Ungaran, 2016 Untuk mengembangkan diri dan mengasah skill serta memberikan wawasan tentang dunia kerja sesungguhnya, maka penulis memilih Dreamlight World Media Ungaran sebagai tempat menggali wawasan, tempat belajar, dan penambah pengalaman terutama di divisi produksi dalam kegiatan Kuliah Kerja Media kali ini. Rumah Produksi atau yang lebih dikenal dengan sebutan production house adalah suatu perusahaan atau instansi yang memproduksi program acara televisi. Dreamlight World Media adalah salah satu production house yang memproduksi program-program acara televisi seperti reality show, game show, dan program acara anak. Selain itu, Dreamlight World Media juga melayani dalam jasa pembuatan iklan untuk televisi lokal maupun televisi swasta nasional dan menangani event-event off air. Selama tiga bulan penulis melaksanakan kegiatan magang atau Kuliah Kerja Media di Dreamlight World Media, penulis telah mengikuti beberapa produksi antara lain: Produksi reality show, Produksi iklan, dan Produksi program acara anak. Pada produksi iklan, penulis berperan intensif untuk produk Iklan Jateng Gayeng. Pada divisi produksi, penulis tidak hanya mengikuti proses produksi shooting di lapangan, tetapi penulis juga ikut ambil andil dalam pra dan pasca produksi. Pada tahapan pra, penulis membantu scripwriter dalam menyusun breakdown dan juga shootlist. Sedangkan pada tahapan pasca, penulis membantu untuk memastikan semua materi yang diambil saat shooting sudah lengkap. Proses Produksi Iklan Jateng Gayeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah oleh Dreamlight World Media Ungaran penulis ambil sebagai bahan untuk menyusun laporan Tugas Akhir ini. Kesimpulan menurut penulis selama melaksanakan kegiatan magang atau Kuliah Kerja Media di Dreamlight World Media adalah bahwa sebuah production house harus memiliki orang-orang yang kreatif dalam merancang program-program yang nantinya akan ditayangkan di televisi. Pada setiap proses produksi pemikiran konsep secara matang sangat penting mulai dari pra, produksi, dan pasca produksi guna mendapatkan hasil yang terbaik. Adapun saran untuk Dreamlight World Media agar saling menjalin komunikasi yang baik untuk meminimalisir miskomunikasi saat produksi lapangan dilaksanakan. (Kata Kunci; Penyiaran, Production House, Divisi Produksi)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Kuni Nur Aini
    Date Deposited: 15 Nov 2016 15:17
    Last Modified: 15 Nov 2016 15:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28822

    Actions (login required)

    View Item