STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERAS HITAM ORGANIK (Studi Kasus di Kelompok Tani Gemah Ripah Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar)

HANIFAH, NUR (2016) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERAS HITAM ORGANIK (Studi Kasus di Kelompok Tani Gemah Ripah Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (125Kb)

    Abstract

    STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERAS HITAM ORGANIK (Studi Kasus di Kelompok Tani Gemah Ripah Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar) Nur Hanifah1), Agung Wibowo2), Nuning Setyowati3) Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Email : nurhanifah3001@gmail.com Telp : 083866887065 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal kelompok tani Gemah Ripah, alternatif strategi dan prioritas strategi yang diterapkan dalam mengembangkan usaha beras hitam organik di kelompok tani Gemah Ripah Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah (1) Matriks IFE dan Matriks EFE, (2) Matriks SWOT, (3) Matriks QSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Matriks IFE sebesar 2,498, nilai Matriks EFE sebesar 2,582 yang menunjukkan bahwa usaha beras hitam organik di kelompok tani Gemah Ripah Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar tergolong sedang dalam memanfaatkan peluang yang sudah ada dan mengantisipasi ancaman eksternalnya. Matriks SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi setelah itu dapat diketahui prioritas strategi yang paling aplikatif dan dapat dilakukan sejak awal pada matriks QSP. Nilai TAS tertinggi pada matriks QSP sebesar 6,218 yakni pada prioritas strategi penguatan kelembagaan kelompok tani. Kata Kunci : Beras Hitam Organik, Strategi Pengembangan, SWOT, QSPM

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 15 Nov 2016 13:10
    Last Modified: 15 Nov 2016 13:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28810

    Actions (login required)

    View Item