PERAN SIKAP SEBAGAI PEMEDIASI TERHADAP PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PERSEPSI KUALITAS PADA NIAT BELI (Survey Niat Beli Konsumen Pada Kerajinan Kulit Di Kabupaten Magetan)

A, DIAN CITANINGTYAS (2016) PERAN SIKAP SEBAGAI PEMEDIASI TERHADAP PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PERSEPSI KUALITAS PADA NIAT BELI (Survey Niat Beli Konsumen Pada Kerajinan Kulit Di Kabupaten Magetan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1052Kb)

    Abstract

    PERAN SIKAP SEBAGAI PEMEDIASI TERHADAP PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN PERSEPSI KUALITAS PADA NIAT BELI (Survey Niat Beli Konsumen Pada Kerajinan Kulit Di Kabupaten Magetan) DIAN CITANINGTYAS ARI KADI S411408012 Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi harga, persepsi kualitas, dan sikap konsumen terhadap niat beli konsumen.Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di sentra industri kulit Magetan yang mempunyai niat beli. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab (kuesioner). Skala yang digunakan yaitu skala Likert dengan rentang 5 pilihan yang digunakan sebagai pengukuran instrumen kuesioner.Data yang telah terkumpul kemudian diuji konsistensi dan kecermatan alat ukurnya melalui uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan untuk menguji model tersebut adalah Eviews. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini mengindikasi bahwa persepsi kualitas dan persepsi harga secara positif berpengaruh pada pembentukan sikap konsumen. Hal ini mengindikasikan bahwa bahwa persepsi kualitas dan persepsi harga merupakan variabel penting yang dipertimbangkan dalam mempengaruhi sikap konsumen. Hasil penelitian juga mengindikasi bahwa sikap konsumen berpengaruh positif pada niat beli konsumen, sehingga semakin tinggi sikap konsumen maka akan berdampak pada semakin tingginya niat beli konsumen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka didapat implikasi penelitian yaitu (1). Implikasi Teoritis, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bagi para akademisi terkait dengan konsep niat beli konsumen dan diharapkan dapat menjadi bahan diskusi yang selanjutnya dapat dikembangkan dan diuji lagi pada obyek dan setting penelitian yang berbeda.(2). Implikasi Studi ke depan, penelitian ini memberikan peluang bagi studi lanjutan untuk mengembangkan model pada konteks yang lebih luas dan diharapkan memberi pemahaman kepada peneliti untuk memanfaatkannya sebagai pertimbangan dalam mendesain metode riset yang digunakan untuk pengujian model yang ingin diteliti.(3). Implikasi Praktis, Studi ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada pemasar terkait dengan niat beli konsumen. Pemahaman terhadap konsep niat beli konsumen dapat memberikan perspektif yang lebih luas pada para pemasar. Kata kunci: persepsi harga, persepsi kualitas, sikap konsumen, niat beli.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Aren Dwipa
    Date Deposited: 15 Nov 2016 12:53
    Last Modified: 15 Nov 2016 12:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28801

    Actions (login required)

    View Item