Penerapan Scramble dengan Picture Puzzle dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas IV SDN Tunjungseto Tahun Ajaran 2015/2016

SUSANTI, RESTI (2016) Penerapan Scramble dengan Picture Puzzle dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas IV SDN Tunjungseto Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (419Kb)

    Abstract

    Resti Susanti. PENERAPAN SCRAMBLE DENGAN PICTURE PUZZLE DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IV SDN TUNJUNGSETO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Scramble dengan picture puzzle dalam peningkatan pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016, (2) meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan Scramble dengan picture puzzle , dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan Scramble dengan picture puzzle dalam peningkatan pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tunjungseto yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan Scramble dengan picture puzzle terdiri dari delapan langkah, yaitu (a) menyajikan materi dengan picture puzzle, (b) membangkitkan kesiapan siswa untuk berdiskusi, (c) siswa berkelompok mengerjakan soal dengan bantuan picture puzzle, (d) pemeriksaan proses diskusi, (e) mengumpulkan hasil diskusi, (f) penilaian hasil diskusi, (g) apresiasi dan rekognisi, dan (h) tindak lanjut; (2) penerapan Scramble dengan picture puzzle dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016. Peningkatan proses yaitu pada siklus I=68,83%, siklus II=76,22% dan siklus III=86,09%. Adapun hasil belajar siswa yaitu pada siklus I=68,75%, siklus II=81,25%, siklus III=89,58%, dan (3) kendala dalam pelaksanaan, yaitu (a) siswa mengalami kesulitan untuk mengucapkan kosakata bahasa Inggris dengan tepat, (b) siswa kurang aktif dalam berpendapat dan bertanya jawab, (c) beberapa siswa kurang tertib sehingga menimbulkan kegaduhan, (d) siswa belum dapat menyimpulkan materi secara mandiri dan masih memerlukan bantuan guru, (e) siswa kurang fokus untuk memperhatikan penjelasan materi, dan (f) siswa lebih fokus untuk menyusun puzzle sehingga siswa kurang memperhatikan petunjuk mengerjakan soal diskusi. Adapun solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, yaitu (a) guru lebih intensif dalam membimbing siswa tentang pengucapan kosakata bahasa Inggris yang tepat, (b) siswa diberi motivasi untuk berani dan percaya diri dalam berpendapat dan bertanya jawab, (c) siswa diberi arahan untuk selalu tertib dan tidak membuat kegaduhan, (d) siswa diberi motivasi dan pancingan berupa pertanyaan, (e) siswa diberi motivasi dan nasihat untuk fokus memperhatikan penyampaian materi pelajaran, dan (f) mengarahkan agar siswa lebih cermat dan memperhatikan setiap petunjuk yang dijelaskan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan Scramble dengan picture puzzle dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas IV SDN Tunjungseto tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: Scramble, picture puzzle, bahasa Inggris

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 15 Nov 2016 12:47
    Last Modified: 15 Nov 2016 12:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28798

    Actions (login required)

    View Item