ANALISIS JALUR DENGAN HEALTH BELIEF MODEL TENTANG PENGGUNAAN SKRINING INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT UNTUK DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA WANITA USIA SUBUR DI KOTA KEDIRI

WIGATI, PUTRI WAHYU (2016) ANALISIS JALUR DENGAN HEALTH BELIEF MODEL TENTANG PENGGUNAAN SKRINING INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT UNTUK DETEKSI DINI KANKER SERVIKS PADA WANITA USIA SUBUR DI KOTA KEDIRI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1120Kb)

    Abstract

    Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang paling sering diderita oleh perempuan di seluru¬h dunia. Menurut data dinas kesehatan kota Kediri (2015), penderita kanker serviks mencapai 100 – 120 pertahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Health Belief Model yang berhubungan dengan Deteksi Dini Kanker Serviks dengan metode tes IVA. Jenis penelitian yaitu analitik dengan pendekatan case-control. Lokasi penelitian di Wilayah Kerja Puskesmas Sukorame Kota Kediri.Penelitian dilaksanakan Pada 18 April to 18 Mei 2016.. Populasi penelitian ini adalah wanita usia subur di Wilayah Kerja Puskesmas Sukorame Kota Kediri Tehnik sampling menggunakan Fixed Disease Sampling. Jumlah Sampel 120 WUS (Kasus dan control) dengan perbandingan 1 : 2. Analisis data yang digunakan analisis jalur (path analysis) Dari 6 variabel yang dihubungkan dengan penggunaan tes IVA didapatkan 3 variabel berhubungan secara tidak langsung dengan penggunaan tes IVA yaitu persepsi kerentanan keparahan dan isyarat bertindak. Sedangkan yang berhubungan secara langsung yaitu persepsi ancaman (b= 2,0; p= 0,004), persepsi manfaat (b=1,5; p=0,024) dan persepsi hambatan (b= -2,5; p= <0,001). Penggunaan tes IVA berhubungan langsung dengan persepsi ancaman, manfaat dan hambatan. Sedangkan yang berhubungan tidak langsung yaitu persepsi kerentanan, keparahan dan isyarat bertindak. Diharapkan Wanita Usia Subur menambah pengetahuan tentang HBM yang berhubungan dengan penggunaan tes IVA agar penggunaan tes IVA semakin meningkat sehingga angka kematian yang disebabkan penyakit kanker serviks menurun. Kata Kunci: Health Belief Model,kerentanan, keparahan, ancaman, manfaat, hambatan, isyarat bertindak, tes IVA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 15 Nov 2016 12:40
    Last Modified: 15 Nov 2016 12:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28793

    Actions (login required)

    View Item