HUBUNGAN ANTARA KETRAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR

TAMIM, LINA NASHROTUN (2016) HUBUNGAN ANTARA KETRAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (386Kb)

    Abstract

    Lina Nashrotun Tamimi. R1115056. Hubungan Antara Ketrampilan Sosial Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat I Dan II Prodi DIII Kebidanan FK UNS Surakarta. Program Studi Diploma IV Bidan Pendidik FK UNS. Latar Belakang: Mahasiswa yang tidak menguasai ketrampilan sosial sulit beradaptasi dengan lingkungannya sehingga berdampak pada prestasi belajarnya. Studi pendahuluan dari 11 mahasiswa yang tidak aktif berorganisasi memiliki IP tingkat kedua. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan antara ketrampilan sosial dan prestasi belajar mahasiswa tingkat I dan II Prodi DIII Kebidanan FK UNS Surakarta. Metode: Penelitian menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan total sampling. Besar sampel 110 mahasiswa sesuai kriteria retriksi. Variabel independennya ketrampilan sosial diukur dengan kuesioner dan variabel dependennya adalah prestasi belajar diambil dari IPK responden. Analisis data menggunakan korelasi Spearman Rank.. Hasil Penelitian: Skor ketrampilan sosial terbanyak pada responden dengan tingkat sedang dan predikat IP dengan pujian, yaitu 37. Hasil uji statistik Spearman Rank diperoleh p= 0,029 (p<0,05) dan r= 0,208 arah korelasi positif. Terdapat hubungan antara ketrampilan sosial dan prestasi belajar dengan korelasi lemah. Simpulan: Semakin tinggi ketrampilan sosial, semakin tinggi prestasi belajar mahasiswa tingkat I dan II Prodi DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran UNS Surakarta. Kata kunci: Ketrampilan Sosial, Prestasi belajar, mahasiswa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D4 - Kebidanan
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 15 Nov 2016 12:16
    Last Modified: 15 Nov 2016 12:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28787

    Actions (login required)

    View Item