Penggunaan MetodeMalcolm Baldrige Criteria for Education Untuk Mengukur Kinerja Program Studi (Studi Kasus di Eks Jurusan Pendidikan MIPA UNS)

, AFIFAH (2016) Penggunaan MetodeMalcolm Baldrige Criteria for Education Untuk Mengukur Kinerja Program Studi (Studi Kasus di Eks Jurusan Pendidikan MIPA UNS). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (471Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Afifah. K2512010. PENGGUNAAN METODE MALCOLM BALDRIGE CRITERIA FOR EDUCATION UNTUK MENGUKUR KINERJA PROGRAM STUDI (STUDI KASUS DI EKS JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FKIP UNS). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh hasil pengukuran kinerja program studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Fisika menggunakan Malcolm Baldrige Criteria for Education; dan 2) memberikan saran untuk tindakan perbaikan selanjutnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen program studi eks jurusan PMIPA FKIP UNS. Sampel yang terpilih adalah 4 dosen Pendidikan Matematika, 3 dosen Pendidikan Kimia, 6 dosen Pendidikan Biologi, dan 3 dosen Pendidikan Fisika dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dari analisis kuantitatif yang berupa angka. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, seluruh program studi eks jurusan PMIPA FKIP UNS menduduki peringkat Benchmark Leader menurut hasil penilaian kinerja menggunakan MBCfE. Kedua, urutan poin total yang diperoleh masing-masing program studi dari yang tertinggi adalah Pendidikan Fisika 845,13; Pendidikan Biologi 835,18; Pendidikan Matematika 834,056; dan Pendidikan Kimia 818,64. Ketiga, saran yang dapat diberikan kepada masing-masing program studi adalah (1) Pendidikan Matematika harus meningkatkan kinerjanya sebesar 22,15% untuk memperbaiki kriteria manajemen informasi dan analisis yang memperoleh poin terendah; (2) Pendidikan Kimia harus meningkatkan kinerjanya sebesar 21,91% untuk memperbaiki kriteria manajemen proses yang memperoleh poin terendah; (3) Pendidikan Biologi harus meningkatkan kinerjanya sebesar 20,46% untuk memperbaiki kriteria fokus pelanggan yang memperoleh poin terendah; dan 4) Pendidikan Fisika harus meningkatkan kinerjanya sebesar 16,67% untuk memperbaiki kriteria manajemen proses yang memperoleh poin terendah. Kata Kunci: Penilaian kinerja, MBCfE, Pendidikan ABSTRACT Afifah. K2512010. MEASURING PERFORMANCE OF DEPARTEMENT USING MALCOLM BALDRIGE CRITERIA FOR EDUCATION (CASE STUDY IN MATHEMATICAL DAN SCIENCE DEPARTEMENT FKIP UNS). Skripsi, Surakarta : Teacher Tarining and Education Faculty, Sebelas Maret University, June 2016. This research aims to (1) measure the performance of Mathematical and Science Departement of FKIP UNS using Malcolm Baldrige Criteria for Education; and 2) provide suggestions for improvement. The population of this research was lecturers of Mathematical and Science Departement of FKIP UNS. The selected sample were 4 lecturers of Mathematics Education, 3 lecturers of Chemistry Education, 6 lecturers of Biology Education, and 3 lecturers of Physics Education were selected by using purposive sampling technique. This research used quantitative methods with desrcriptive approach. Data were collected by means of questionnaire and documentation. Those data were analyzed with descriptive analysis aimed to dercsibe the results of quantitative analysis as form as numeric. The result showed that (1) entire study program of Mathematical and Science Departement of FKIP UNS obtained Benchmark Leader ranking based on performance assesment by used MBCfE. (2) Total points which obtained by the Mathematical and Science Departement from the highest were Physics Education 845.13; Biology Education 835.18; Mathematics Education 834.056; and Chemistry Education 818.64. (3) The recomandation to each study program were (a) Mathematics Education have to improve 22.15% of its performance to fix the criteria of information and analysis management which got the lowest points; (b) Chemistry Education have to improve 21.91% of its performance to fix the criteria of process management which got the lowest points; (c) Biology Education have to improve 20.46% of its performance to improve the criteria of customer focus which got the lowest points; and d) Physic Education have to improve 16.67% of its performance to fix the criteria of process management which got the lowest points. Key Word: Performance assesment, MBCfE, Education Sistem Upload Eprints Logout Detail

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Cantya Dyana Larasati
    Date Deposited: 15 Nov 2016 09:47
    Last Modified: 15 Nov 2016 09:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28761

    Actions (login required)

    View Item