pengaruh variasi berat sistem kesembangan poros engkol terhadap torsi dan daya sepeda motor suzuki satria 120R

ADIYASA U N, WILDAN (2016) pengaruh variasi berat sistem kesembangan poros engkol terhadap torsi dan daya sepeda motor suzuki satria 120R. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (676Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Wildan Adiyasa U.N. “PENGARUH VARIASI BERAT SISTEM KESEIMBANGAN POROS ENGKOL TERHADAP TORSI DAN DAYA SEPEDA MOTOR SUZUKI SATRIA 120R”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menyelidiki pengaruh variasi berat sistem keseimbangan poros engkol terhadap torsi sepeda motor Suzuki Satria 120R. (2) Menyelidiki pengaruh variasi berat sistem keseimbangan poros engkol terhadap daya sepeda motor Suzuki Satria 120R. (3) Menyelidiki hubungan variasi berat sistem keseimbangan poros engkol terhadap torsi dan daya sepeda motor Suzuki Satria 120R. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan adalah sepeda motor Suzuki Satria 120R bernomor mesin F125 ID654311 yang masih menggunakan beban penyeimbang poros engkol yang standar. Data diperoleh dari pengukuran torsi dan daya pada alat Sportdyno V3.3 dengan melakukan perlakuan penambahan berat beban penyeimbang poros engkol 100 gram dan 200 gram dan dilakukan perlakuan pengurangan berat beban penyeimbang poros engkol 100 gram dan 200 gram. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh ketika dilakukan variasi berat pada beban penyeimbang poros engkol terhadap torsi. Kenaikan torsi tertinggi pada penggunaan beban penyeimbang yang ditambah 100 gram yakni 12.58 Nm, terjadi kenaikan torsi 15.63%, namun terjadi penurunan daya 2.2%. Pada penggunaan beban penyeimbang yang ditambah 200 gram didapat hasil torsi 10.38 Nm, torsi turun 4.6% dan daya turun 3.3%. (2) Terdapat pengaruh ketika dilakukan variasi berat pada beban penyeimbang poros engkol terhadap daya. Kenaikan daya tertinggi pada penggunaan beban penyeimbang yang dikurangi 200 gram didapat hasil yakni daya 9.4 Hp, terjadi kenaikan daya 4.4%, namun terjadi penurunan torsi 7.6%. (3) Terdapat variasi berat sistem keseimbangan poros engkol yang paling efektif terhadap peningkatan torsi dan daya sepeda motor Suzuki Satria 120R, yakni pada penggunaan beban penyeimbang yang ditambah 100 gram yakni torsi 12.58 Nm, dan daya 8.8 Hp. Terjadi kenaikan torsi 15.63%, walaupun terjadi penurunan daya 2.2%. . Kata kunci : poros engkol, torsi, daya, beban penyeimbang, Suzuki Satria 120R.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 14 Nov 2016 21:29
    Last Modified: 14 Nov 2016 21:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28735

    Actions (login required)

    View Item