Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Padu Padan Untuk Meningkatkan Hasil dan Efektifitas Belajar Pada Mata Pelajaran Autocad Kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Angkatan 2015/2016

DESY R, LISTIYANI (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Padu Padan Untuk Meningkatkan Hasil dan Efektifitas Belajar Pada Mata Pelajaran Autocad Kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Angkatan 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (390Kb)

    Abstract

    Listiyani Desy Ratnasari. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADU PADAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN EFEKTIFITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AUTOCAD KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN ANGKATAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran AutoCad dengan penerapan model pembelajaran kooperatif padu padan antara tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD), Make a Match, dan Numbered Heads Together (NHT). (2) Untuk memperoleh peningkatan efektifitas belajar siswa dalam mata pelajaran AutoCad dengan penerapan model pembelajaran hasil padu padan antara model tipe Student Teams-Achievment Divisions (STAD), Make a Match, dan Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta tahun angkatan 2015/2016 yang berjumlah sebanyak 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan data dapat diketahui hasil belajar siswa yaitu, (1) Ranah kognitif : siswa yang memenuhi target ketuntasan ; pada pratindakan 72,42%, pada siklus I 73,87%, dan pada siklus II 87,67%. (2) Ranah afektif : siswa yang memenuhi target ketuntasan ; pada pratindakan 64,5%, pada siklus I 84,61% dan pada siklus II 92,59% (3) Ranah psikomotorik : siswa yang memenuhi target ketuntasan ; pada pratindakan 70,00%, pada siklus I 82,78%, pada siklus II 91,11%. Peningkatan Efektifitas dapat dilihat dari kenaikan pencapaian aktivitas pembelajaran siswa. Berdasarkan data dapat diketahui hasil Efektifitas yang memenuhi target ketuntasan ; pada pratindakan 40,64%, pada siklus I 69,93%, pada siklus II 76,29%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran padu padan Student Teams-Achievment Divisions (STAD), Make a Match, dan Numbered Heads Together (NHT) berhasil meningkatkan efektifitas dan hasil belajar siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 5 Surakarta pada mata pelajaran Autocad. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Padu Padan, Efektifitas, Hasil Belajar, Autocad

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 14 Nov 2016 21:12
    Last Modified: 14 Nov 2016 21:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28729

    Actions (login required)

    View Item