Efektivitas Pelayanan Sistem Pendaftaran Wajib Pajak Secara Online (e-Registration) Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta (Studi Pendaftaran NPWP Wajib Pajak Orang Pribadi)

PRIMANANDA PUT, JOHAN (2016) Efektivitas Pelayanan Sistem Pendaftaran Wajib Pajak Secara Online (e-Registration) Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta (Studi Pendaftaran NPWP Wajib Pajak Orang Pribadi). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (669Kb)

    Abstract

    Johan Primananda Putra. D1114013. Skripsi. Efektivitas Pelayanan Sistem Pendaftaran Wajib Pajak Secara Online (e-Registration) Di Kantor Peayanan Pajak Pratama Surakarta (studi pendaftaran NPWP wajib pajak orang pribadi). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. 2016. 142 Halaman Salah satu sumber penerimaan negara untuk penyelenggaraan pemerintahan adalah pajak. Sebagai masyarakat yang taat pajak akan sangat berarti dalam berpartisipasi dan membiayai pembangunan Negara untuk kepentingan masyarakat yaitu dengan memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Sistem pajak online telah menerima perhatian besar secara global. Dengan adanya system e-Registration diharapkan dapat memberikan kemudahan pendaftaran secara online sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas e-Registration dalam pelayanan NPWP Orang Pribadi dikantor Pelayanan Pajak Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Untuk menjamin validitas data menggunakan trianggulasi data. Analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif. Penelitian diukur dengan tiga indikator yang ada yaitu Adaptasi, Integrasi dan Pencapaian Tujuan. Adaptasi bahwa kesiapan karyawan sudah cukup siap dalam melayani pendaftaran NPWP melalui e-Registration, sarana dan prasarana yang digunakaan sudah siap dan mencukupi untuk melayani masyarakat. Integrasi Kantor Pelayanan Pajak melakukan sosialisasi untuk menarik simpati atau perhatian masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai wajib pajak. Sosialisasi diberbagai media seperti diradio dan siaran televisi sudah dilakukan. Antusias masyarakat juga beragam. Pencapaian Tujuan Setiap tahun target mengalami kenaikan dan penerimaan juga bertambah. Pendaftaran menggunakan e-Registration sebenarnya mendapat respon cepat dari Kantor Pelayanan Pajak. Akan tetapi penyampaian Surat Keterangan Terdaftar dan Kartu NPWP ketangan Wajib pajak masih tergolong lama. Dari penelitian yang dilakukan dilapangan menunjukkan bahwa dua indikator Adaptasi dan Integrasi tarsebut sudah memenuhi kriteria efektif. Akan tetapi kriteria Pencapaian Tujuan belum memenuhi kriteria efektivitas. Hal ini disebabkan karena penyampaian surat keterangan terdaftar dan kartu NPWP masih lama dan pendaftaran manual ternyata lebih cepat dari pendaftaran secara online. *Kata kunci: Pendaftaran Online NPWP, Pendaftaran ID Pajak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 14 Nov 2016 20:50
    Last Modified: 14 Nov 2016 20:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28724

    Actions (login required)

    View Item