PANDANGAN KAUM MUDA TERHADAP TELEVISI SWASTA (Pandangan Siswa Siswi SMA Warga Surakarta Terhadap Program Sinetron Di Televisi Swasta RCTI)

AYU ALFANNISA, JANU (2016) PANDANGAN KAUM MUDA TERHADAP TELEVISI SWASTA (Pandangan Siswa Siswi SMA Warga Surakarta Terhadap Program Sinetron Di Televisi Swasta RCTI). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (446Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Janu Ayu Alfannisa D1214041. PANDANGAN KAUM MUDA TERHADAP TELEVISI SWASTA (pandangan siswa siswi SMA Warga Surakarta terhadap program sinetron di televisi swasta RCTI). Masyarakat bisa melihat dan memilih beraneka ragam tayangan dan program yang sudah dikemas dan siap untuk ditonton di televisi. Salah satu program televisi yang sangat sering tayang di stasiun televisi adalah program sinetron. Sinetron merupakan salah satu acara yang diangap oleh stasiun televisi sebagai acara yang disukai penonton. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian survei untuk mengetahui pandangan kaum muda terhadap sinetron di televisi swasta RCTI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah kaum muda atau remaja di Kota Surakarta, dan sampel penelitian yaitu siswa siswi SMA Warga Surakarta. Besar sampel yang dibutuhkan di tentukan dengan menggunakan rumus Slovin adalah 79 sampel. Besar sampel 79 orang dibagi kedalam dua kelas yaitu kelas 10 dan kelas 11. Berdasarkan hasil penelitian RCTI sudah memenuhi fungsi media massa yang di termuat dalam pasal 4 UU No. 32: Penyiaran sebagai kegiatan komunikasi massa mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat,kontrol dan perekat sosial. Sinetron di RCTI juga dapat dikatakan sebagai program fiksi yang termasuk dalam kategori hiburan. Kata Kunci: Televisi, dan sinetron.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 14 Nov 2016 20:47
    Last Modified: 14 Nov 2016 20:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28723

    Actions (login required)

    View Item