PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM SOLVINGUNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR KIMIAPADA MATERI HUKUM DASARDAN PERHITUNGAN KIMIA SISWA KELAS X-TP 3SMK MUHAMMADIYAH 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AZIZ RAHMAWAN, ARIFIN (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM SOLVINGUNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR KIMIAPADA MATERI HUKUM DASARDAN PERHITUNGAN KIMIA SISWA KELAS X-TP 3SMK MUHAMMADIYAH 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (309Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Arifin Aziz Rahmawan.PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI HUKUM DASAR DAN PERHITUNGAN KIMIA SISWA KELAS X-TP 3 SMK MUHAMMADIYAH 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) rasa ingin tahu siswa kelas X-TP 3 SMK Muhammadiyah 2 Sragen tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok Hukum Dasar dan Perhitungan Kimia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving, (2) prestasi belajar siswa kelas X-TP 3 SMK Muhammadiyah 2 Sragen tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok pada materi Hukum Dasar dan Perhitungan Kimia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas X-TP 3 SMK Muhammadiyah 2 Sragen yang berjumlah 28 siswa.Sumber data berasal dari guru dan siswa.Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi, kajian dokumen dan angket).Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada materi hukum dasar dan perhitungan kimia. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase rasa ingin tahu tinggi siswa adalah 74,5% dan meningkat menjadi 79,1% pada siklus II, (2) penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi hukum dasar dan perhitungan kimia kelas X-TP 3 SMK Muhammdiyah 2 Sragen tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini prestasi belajar mencakup dua aspek yaitu, pengetahuan dan sikap. Persentase prestasi belajar aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 60,7% meningkat menjadi 71,4% pada siklus II. Persentase prestasi belajar aspek sikap pada siklus I adalah 82,2% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Kata kunci:Problem Solving,rasa ingin tahu, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Figur Hisnu Aslam
    Date Deposited: 14 Nov 2016 20:36
    Last Modified: 14 Nov 2016 20:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28719

    Actions (login required)

    View Item