penerapan model pembelajaran tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar permainan sepakbola pada siswa kelas X Ototronik B SMK Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016

FANSURI, HERI (2016) penerapan model pembelajaran tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar permainan sepakbola pada siswa kelas X Ototronik B SMK Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (786Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Heri Fansuri. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS OTOTRONIK B SMK NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016”Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan sepakbola pada siswa kelas X Ototronik B SMK Negeri 2 Karanganyar tahunpelajaran 2015/2016 melaluipenerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek dalam Penelitain Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas X Ototronik B SMK Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 36 siswa putra. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan angket kartu ceria. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar permainan sepakbola pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 66,67% atau sebanyak 24 siswa dari 36 siswa. Peningkatan hasil belajar permainan sepakbola juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 88,89% atau sebanyak 32 siswa yang tergolong kriteria Tuntas dengan KKM 2,86 dan 4 siswa lainnya tergolong dalam kategori Belum Tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Sepakbola Pada Siswa Kelas X Ototronik B SMK Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci :Hasil Belajar, Permainan Sepakbola, Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament ABSTRACT Heri Fansuri. “The Implementation of Teams Games Tournament (TGT) Type Learning Model to Increase Learning Outcome of Football Games of Tenth Grade Students of Ototronik B SMK Negeri 2 Karanganyar in the Academic Year of 2015/2016” Thesis,Teacher Training and Education Faculty. Sebelas Maret University. Surakarta. Maret 2016. The purpose of this research is to increase the learning outcome of football games of tenth grade studentsof Ototronik B SMK Negeri 2 Karanganyar in theacademic year of 2015/2016 through the implementation of Teams Games Tournament (TGT) typelearning model. This research is a Classroom Action Research (CAR). This research is conducted in two cycles, and each of the cycle are conducted in two meetings. The subject of this Classroom Action Research is 36 male students of tenth grade Ototronik B SMK Negeri 2 Karanganyar . The source of the data in this study comes from the students, researcher, and teacher as a collaborator. The technique of data collection uses test, observation, and questionnaire of smiley card. The data validity uses triangulation technique data. The analysis of the data uses descriptive qualitative technique based on the analysis of qualitative percentage. From the data analysis, there data obtained the improvement of learning outcome of football games on the first cycle with Complete percentage up to 66,67% or as many as 24 students from 36 students. The improvement of learning outcome of football games also happens in the second cycle with the percentage of 88,89% oras many as 32 students whom categorized Complete with KKM 2,86 and 4 others categorized Incomplete. From the findings, it can be concluded that:The Implementation of Teams Games Tournament (TGT) Type Learning Model is able to Increase Learning Outcome of Football Games of Tenth Grade Students of Ototronik B SMK Negeri 2 Karanganyar in the Academic Year of 2015/2016 Key words: Learning Outcome, Football Games, Implementation of Learning Model Teams Games Tournament

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Retno Andriani
    Date Deposited: 14 Nov 2016 20:36
    Last Modified: 14 Nov 2016 20:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/28718

    Actions (login required)

    View Item